Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teleskop NASA Temukan Exoplanet Batu Seukuran Bumi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 13:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 20 56 2094264 teleskop-nasa-temukan-exoplanet-batu-seukuran-bumi-JXTSd9UjCV.jpg (Foto: NASA-JPL/Reuters)

JAKARTA - Pengamatan langsung dari teleskop luar angkasa NASA menemukan pertama kalinya exoplanet berbatu yang berukuran besar seukuran Bumi. Objek ini berada di luar sistem tata surya, yang mengorbit jenis bintang paling umum di galaksi, menurut penelitian.

Dilansir Cbc.ca, Selasa (20/8/2019), penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Nature menunjukkan permukaan planet yang jauh.

Selain itu, planet ini cenderung menyerupai bagian luar yang tandus dari bulan atau Merkurius, kemungkinan ditutupi oleh batuan vulkanik yang gelap.

Planet ini terletak sekira 48,6 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan salah satu dari lebih dari 4.000 yang disebut planet ekstrasurya (exoplanets) yang diidentifikasi selama dua dekade terakhir.

Dikenal oleh para astronom sebagai LHS 3844b, planet ekstrasurya ini sekitar 1,3 kali ukuran Bumi terkunci dalam orbit yang ketat. Objek ini menyelesaikan revolusi setiap 11 jam di sekitar bintang kecil yang relatif dingin yang disebut kurcaci merah.

 Pengamatan langsung dari teleskop luar angkasa NASA menemukan pertama kalinya exoplanet berbatu yang berukuran besar seukuran Bumi.

Baca juga: Intip Daftar Ponsel Gaming Termurah Harga di Bawah Rp3 Juta

Kurangnya atmosfer di planet ini mungkin disebabkan oleh radiasi yang kuat dari induknya katai merah, yang, meskipun redup oleh standar bintang, juga memancarkan sinar ultraviolet tingkat tinggi, kata studi tersebut.

Studi ini kemungkinan akan menambah perdebatan di antara para astronom tentang apakah pencarian untuk kondisi yang menopang kehidupan di luar tata surya harus fokus pada exoplanet di sekitar katai merah (red dwarfs).

1
2

Berita Terkait

NASA

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini