Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar 5G di Indonesia, Qualcomm: Tentukan Frekuensinya Dulu

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 22 54 2095403 gelar-5g-di-indonesia-qualcomm-tentukan-frekuensinya-dulu-BVrlFoCx6X.jpg (Foto: 9to5Mac)

JAKARTA - Beberapa negara dunia telah meluncurkan jaringan 5G secara komersial. Negara tersebut seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, China, Eropa dan Australia.

Sementara itu beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura Vietnam, Thailand dan Malaysia juga tengah  merencanakan jaringan 5G komersial pada 2019 dan 2020.

Indonesia sendiri saat ini sudah menggelar beberapa uji coba 5G. Namun masih belum tahu kapan 5G akan segera meluncur komersial. Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia mengungkapkan jika pemerintah harus menentukan frekuensi dan alokasinya.

"Berbicara soal 5G tidak bisa lepas dari ekosistem partner. Bahwa semua device dari Qualcomm sudah banyak dan semuanya sudah available untuk 5G. Teknologi sudah banyak yang available, tapi konteksnya di Indonesia, device-nya sudah ada akan tetapi frekuensinya juga belum ditentukan," kata Shanedy dalam acara jumpa media di Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

 Beberapa negara di dunia tengah mendukung jaringan 5G, tak terkecuali di Indonesia.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Resmi Hadir di Pasar Indonesia

Setelah frekuensinya ditentukan, menurut Shannedy masih banyak langkah yang harus ditentukan.

Sebelumnya Nies Purwati, Director Government Affair for South East Asia & Pacific, Qualcomm mengatakan jika Indonesia akan mengikuti World Radio Communication Conference (WRC 2019) pada 28 Oktober dan 22 November 2019 di Mesir.

"Seluruh dunia, memiliki perwakilan pemerintah yang mengurus telekomunikasi itu akan berkumpul dan menemukan frekuensi-frekuensi yang akan dialokasikan untuk 5G. Ada beberapa kandidat frekuensi dan populasinya populer contohnya 3,5 GHz kemudian 26 GHz dan 28 GHz," ungkap Nies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini