Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Smartphone Ternyata Mengeluarkan Radiasi Lebih Besar, Berbahayakah?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 57 2095243 smartphone-ternyata-mengeluarkan-radiasi-lebih-besar-berbahayakah-C8FKluIO6o.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Smartphone merupakan perangkat yang digunakan sehari-hari oleh pengguna. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa smartphone mengeluarkan radiasi lebih besar ketimbang yang dipikirkan oleh manusia.

Dilansir Cnet, Apple dan Samsung yang dirilis selama tiga tahun terakhir mungkin menghasilkan radiasi frekuensi radio pada level yang lebih tinggi dari batas yang diizinkan Komisi Komunikasi Federal (FCC), menurut laporan oleh Chicago Tribune.

Para ilmuwan dan konsumen telah menunjukkan kepedulian yang meningkat terhadap radiasi frekuensi radio dari perangkat yang mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan manusia, terutama dengan 5G yang tersebar di seluruh dunia.

Laporan baru menunjukkan model ponsel lama, yang beroperasi di band 3G dan 4G, memiliki potensi melampaui batas aman FCC hingga sebanyak lima kali.

Pabrikan smartphone diharuskan untuk mematuhi pedoman FCC dalam hal penyerapan radiasi frekuensi radio oleh tubuh. Ukuran saat ini yang digunakan untuk menentukan batas keamanan dikenal sebagai "specific absorption rate," atau SAR. FCC menetapkan batas pada 1,6 watt per kilogram (1,6W / kg).

 Smartphone merupakan perangkat yang digunakan sehari-hari oleh pengguna.

Baca juga: Intip Perbandingan Galaxy Note 10 dan OnePlus 7 Pro

Agar sebuah ponsel mendapatkan persetujuan, FCC menyatakan bahwa perangkat tidak melebihi batas maksimal SAR.

Investigasi Tribune menguji 11 model ponsel yang berbeda. Empat model iPhone (iPhone 7, 8, 8 Plus dan X), tiga Samsung Galaxy (S8, S9 dan J3), tiga motorola (e5, e5 Play dan g6 Play) dan BLU Vivo 5 Mini.

Ponsel diuji oleh RF Exposure Lab, laboratorium terakreditasi FCC di San Marcos, California. Para peneliti menempatkan ponsel cerdas dalam jarak 2, 5, 10 atau 15 milimeter dari "tubuh simulasi" yang terdiri dari campuran gula, air dan garam dan mengukur tingkat paparan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyerapan frekuensi radio iPhone 7 adalah di antara 'pelanggar terburuk', dengan SAR hampir dua hingga empat kali lebih tinggi dari batas keamanan ketika diuji 2 mm dari tubuh.

 Smartphone merupakan perangkat yang digunakan sehari-hari oleh pengguna.

Baca juga: Intel Rilis Prosesor Generasi Baru 'U' dan 'Y' Comet Lake

Ketiga model Samsung Galaxy juga menunjukkan penyerapan yang lebih tinggi pada jarak yang sama, dengan Galaxy S8 dengan 8.22W/kg, lima kali lebih tinggi dari standar saat ini.

Laporan tersebut menyatakan bahwa FCC sekarang akan melakukan tes sendiri selama beberapa bulan mendatang tetapi mereka mengatakan kepada Tribune bahwa pengujian itu "tidak komprehensif" seperti yang biasanya diajukan untuk laporan kepatuhan resmi.

Laporan tersebut menyatakan bahwa FCC kini akan melakukan tes sendiri selama beberapa bulan mendatang. Mereka mengatakan kepada Tribune bahwa pengujian itu "tidak komprehensif" seperti yang biasanya diajukan untuk laporan kepatuhan resmi.

Tribune menulis bahwa tes "pada dasarnya skenario terburuk dalam hal paparan radiasi frekuensi radio" dengan konsumen tidak mengalami tingkat paparan yang terlihat selama pengujian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini