Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda Perbedaan Asteroid, Komet dan Meteor?

Rais Erizam, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 17:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 56 2095798 tahukah-anda-perbedaan-asteroid-komet-dan-meteor-hj2PpPiRH5.jpg Ilustrasi (Foto: BGR)

JAKARTA - Asteroid, komet, dan meteor adalah benda luar angkasa yang jarang manusia jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda tersebut ialah objek yang berasal dari luar angkasa. Tahukah Anda perbedaan dari ketiga benda luar angkasa tersebut?

Dikutip dari The Mercury News, asteroid adalah objek yang lebih besar dibandingkan meteorit yang mengorbit matahari. Asteroid terbentuk dari batu atau logam. Secara historis, benda yang lebih besar dari ukuran 10 meter tersebut dinamakan asteroid.

Biasanya objek ini dihadiri oleh sebutir pasir atau batu besar yang dinamakan meteorit.

Selanjutnya adalah komet. Benda ini merupakan sebongkah benda luar angkasa yang mengandung es, batu, serta serpihan debu. Ukuran diameter komet yaitu beberapa mil.

 Asteroid, komet, dan meteor adalah benda luar angkasa.

Baca juga: Gelar 5G di Indonesia, Qualcomm: Tentukan Frekuensinya Dulu

Benda ini juga mengorbit matahari, puing-puing komet adalah sumber dari terbentuknya banyak meteorit dalam jumlah besar

Selain komet, terdapat pula meteor. Meteor merupakan batu luar angkasa yang memasuki atmosfer Bumi dengan mengalami proses penguapan. Benda ini biasa disebut "bintang jatuh".

Selain ketiga benda tersebut, di luar angkasa masih ada beberapa benda lainnya seperti meteorit. Benda ini berhasil menghantam planet tanpa melaui proses pembakaran di atmosfer. (Rais Erizam)

 Asteroid, komet, dan meteor adalah benda luar angkasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini