Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankan Telur, Pakar Hewan Cegah Kepunahan Badak Putih

Minggu 25 Agustus 2019 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 56 2096141 amankan-telur-pakar-hewan-cegah-kepunahan-badak-putih-bCceYz5CIa.jpg (Foto: AP)

JAKARTA - Para pakar hewan di Kenya mengatakan pada Jumat (23/8) bahwa mereka berhasil mengambil telur-telur dari dua ekor badak putih yang masih tersisa di Bumi. Ini dilakukan dalam upaya menyelamatkan hewan tersebut dari kepunahan.

Dikutip dari Voaindonesia, hewan badak jantan putih yang terakhir mati tahun lalu. Proses pengambilan telur dilakukan di suaka margasatwa Ol Pejeta di Kenya, dari dua ekor badak betina putih, yang merupakan ibu dan anaknya.

Kedua badak itu adalah subspesies badak putih yang masih ada dan mereka dijaga oleh pengawal bersenjata siang-malam. Kedua badak betina itu ternyata tidak bisa hamil dengan normal karena alasan medis.

 Para pakar hewan di Kenya mengatakan bahwa mereka berhasil mengambil telur-telur dari dua ekor badak putih.

Baca juga: Ini Daftar Ponsel Pintar dengan Fitur 5G di 2019

Para dokter hewan kemudian mengambil 10 telur dari kedua hewan tadi dan segera menerbangkannya ke sebuah laboratorium di Italia, di mana mereka akan dibuahi dengan sperma yang diawetkan dari badak putih yang telah mati.

Embrio yang tumbuh dari pembuahan itu akan dibekukan sampai bisa ditanamkan ke dalam rahim ibu tumpang, seekor badak putih dari kawasan selatan.

Hanya ada lima spesies badak yang tersisa di dunia, termasuk badak hitam dan badak putih di Afrika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini