Roket Mars Starhopper Milik SpaceX Bakal 'Melompat' ke Angkasa

Rais Erizam, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 56 2096872 roket-mars-starhopper-milik-spacex-bakal-melompat-ke-angkasa-Pg88uqTGa7.jpg (Foto: Elon Musk/SpaceX)

JAKARTA - Roket SpaceX milik Elon Musk "Starhopper" yang sebelumnya peluncurannya tertunda, pada hari ini mungkin akan membuat lompatan tertingginya.

Dikutip dari Cnet, pada sabtu, Elon Musk mengatakan di akun media sosialnya bahwa ia berharap agar roketnya dapat terbang sekali lagi pada hari ini. Pejabat Cameron County telah mengedarkan pemberitahuan kepada penduduk setempat untuk mempersiapkan kegiatan penerbangan luar angkasa.

Sebelumnya SpaceX telah merencanakan menguji versi mesin tunggal dari kendaraan Mars dengan melakukan penerbangan pendek kedua pada awal bulan ini. Namun peluncuran itu tiba-tiba dibatalkan.

Saat ini FAA belum mengizinkan Starhopper untuk terbang di ketinggian baru. Untuk saat ini Starhopper diizinkan terbang tidak lebih dari 25 meter di atas permukaan tanah (82 kaki).

Namun, kali ini harapannya adalah Starhopper akan mencapai di ketinggian sekitar 650 kaki (198 meter) sebelum kembali ke tanah.

 Roket Mars Starhopper milik SpaceX bakal melompat ke angkasa.

Baca juga: LAPAN: Asteroid Besar yang Jatuh ke Laut Bisa Timbulkan Tsunami

Jika ini berhasil, Musk mengatakan akan mengikutinya dengan presentasi publik. "Semoga pertengahan September," memperbarui desain dan visi dari roketnya tersebut.

Sebelumnya, Musk telah mempresentasikan bahwa beberapa tahun terakhir ia sudah menguraikan rencananya untuk menggunakan peluncur berat generasi berikutnya untuk membantu membangun koloni di Mars. (Rais Erizam)

 

1
2

Berita Terkait

SpaceX

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini