Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IDBYTE 2019 Hadirkan Konferensi Esport dan Turnamen PUBG Mobile

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 16:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 326 2097278 idbyte-2019-hadirkan-konferensi-esport-dan-turnamen-pubg-mobile-I9c7XcHSRT.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - IDBYTE menjadi salah satu ajang teknologi terbesar di Indonesia yang dipelopori oleh perusahaan digital Bubu.com sejak 2011. Kali ini, IDBYTE mengusung tema esports, mengingat industri ini tengah berkembang di Indonesia saat ini. Pasar esports diprediksi mencapai USD1,4-2,4 miliar pada 2020.

Ajang IDBYTE Esport 2019 didukung oleh tiga kementerian yakni Kemenkominfo, Kemenpora, BEKRAF. IDBYTE Esport akan diselenggarakan pada September 13 hingga 14 September 2019 di ICE BSD City, Tangerang.

"Konferensi teknologi yang diadakan dua tahun sekali ini sedikit berbeda tahun ini dengan edisi esport, karena esport menjadi fenomena global di Indonesia pada 2017. IDBYTE kali ini mengambil tema Game for Change," kata Chairwoman IDBYTE Esport Shinta Dhanuwardoyo, dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Adapun ajang IDBYTE Esport akan menghadirkan konferensi mendalam tentang industri esport dengan beberapa pembicara yakni dari Presiden Joko Widodo, Menkominfo Rudiantara, Menpora Imam Nahrawi serta perwakilan dari industri esport seperti Twitch, Razer, AirAsia, Blizzard, ESL, dan Tencent.

 IDBYTE mengusung tema esports, mengingat industri ini tengah berkembang di Indonesia saat ini.

Baca juga: Lebih Ringan, Google Go untuk Android Hadir Secara Global

Selain konferensi tentang esports, IDBYTE Esport juga akan menggelar pertandingan PUBG Mobile, Bubu Esports Turnamen (BEST). Tidak hanya untuk pemain pria, BEST juga mengadakan turnamen untuk pemain wanita dengan total hadiah yang sama yakni mencapai Rp290 juta.

Ini setara dengan total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang dari kategori tim pria. Adapun total hadiah dalam turnamen ini sekira Rp750 juta.

Menurut Shinta hal ini belum pernah dilakukan penyelenggara kompetisi esports sebelumnya. Pasalnya, pada kompetisi esports yang pernah diselenggarakan selama ini terdapat kesenjangan antara tim kategori pria dan wanita di dalam kesempatan, fasilitas dan juga penghargaan yang diberikan.

 IDBYTE mengusung tema esports, mengingat industri ini tengah berkembang di Indonesia saat ini.

Baca juga: Facebook Bikin Aplikasi Pesan 'Threads' untuk Instagram?

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang turut hadir dalam acara konferensi pers juga mendukung kegiatan tersebut. Dia mengungkapkan jika ekosistem esport sekarang ini sudah sangat berkembang pesat.

Ia juga mengatakan jika game dan esports juga harus dilihat dari sisi negatifnya, seperti peluang bisnis baru, perkembangan developer, dan banyak lagi.

"Esport ini seperti catur membutuhkan otak dan fisik. Dari sisi profesi, membentuk club-club baru. Semua hal pasti ada risikonya (game) pasti tapi bagaimana kita memitigasi risikonya itu yang diperlukan," ungkap Rudiantara.
IDBYTE mengusung tema esports, mengingat industri ini tengah berkembang di Indonesia saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini