Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Versi Beta Android 10 Bisa Dicicipi Pengguna, Ini Cara Aksesnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 11:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 28 207 2097569 versi-beta-android-10-bisa-dicicipi-pengguna-ini-cara-aksesnya-eYV3T8LT6Q.jpg (Foto: 9to5Google)

JAKARTA - Sistem operasi terbaru milik Google, Android 10 akan hadir pada September 2019. Meskipun belum resmi meluncur, pengguna Android dapat mencoba sistem operasi terbaru dalam versi beta.

Dilansir dari laman Trusted Review, Google baru-baru ini telah merilis beta 6 yang terakhir. Versi Android 10 beta hadir untuk seluruh ponsel Google, Pixel, antara lain Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, dan Pixel 3a XL.

Cara termudah untuk mendapatkan Android 10 Beta di Pixel adalah dengan mengunjungi sebuah halaman yang disediakan Google, https://www.google.com/android/beta#faq.

Pengguna akan akan melihat opsi untuk ikut serta dan menerima Persyaratan Layanan Program Beta Android. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, Anda akan menerima pembaruan over-the-air ke Android 10 beta build terbaru.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh Android 10 beta di perangkat non-Google berikut Asus ZenFone 5Z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LG G8, Nokia 8.1, OnePlus 6, OnePlus 6T, OnePlus 7, OnePlus 7 Pro, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo Nex S, Vivo Nex A, Xiaomi Mi 9, dan Xiaomi Mi MIX 3 5G.

 Pekan Depan, Android 10 Meluncur untuk Google Pixel?

Baca juga: Facebook Bikin Aplikasi Pesan 'Threads' untuk Instagram?

“Memerlukan transfer perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan teknis kecuali yang tersedia untuk umum melalui lisensi sumber terbuka," kata Google.

Untuk diketahui, perangkat Huawei akan terus menerima pembaruan Android, tetapi tampaknya perangkat Huawei di masa depan dapat menggunakan sistem operasi yang sama sekali berbeda, atau versi Android yang terbatas.

Pengguna Huawei Mate 20 Pro masih dapat meng-install Android 10 beta, tetapi disarankan menunggu lebih banyak pembaruan sebelum mendaftar.

Namun, sebelum mendaftar, disarankan untuk mencadangkan data pada perangkat yang direncanakan untuk diperbarui ke Android 10.

 Pekan Depan, Android 10 Meluncur untuk Google Pixel?

Baca juga: Hadirkan 30 Pembalap, Game Mario Kart Tour Dirilis September

Seperti yang dijelaskan Google, "Pembaruan yang akan Anda terima sebagai bagian dari program ini adalah versi pra-rilis, dan mungkin mengandung kesalahan dan cacat yang dapat memengaruhi fungsi normal perangkat Anda".

"Rilis saat ini berisi perubahan perilaku signifikan yang mempengaruhi aplikasi pada khususnya. Pembaruan terbaru di sekitar penyimpanan terisolasi dapat menyebabkan masalah dengan aplikasi yang mengakses foto, video, media, atau file lain yang tersimpan di perangkat Anda, seperti saat menelusuri atau berbagi di aplikasi media sosial. Anda tidak akan dapat membatalkan pendaftaran dan kembali ke Android versi rilis publik yang lebih rendah tanpa terlebih dahulu menghapus semua data yang disimpan secara lokal di perangkat Anda. Anda juga dapat mengalami masalah memulihkan cadangan," imbuh Google.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini