Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SpaceX Berhasil Luncurkan Uji Coba Roket Starhopper, Ini Fotonya

Rais Erizam, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 15:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 56 2097693 spacex-berhasil-luncurkan-uji-coba-roket-starhopper-ini-fotonya-SJSLW9MT6p.jpg (Foto: SpaceX)

JAKARTA - SpaceX meluncurkan kendaraan uji Starhopper pada Selasa malam untuk yang kedua kalinya. Diberitakan sebelumnya, Starhopper seharusnya diluncurkan pada Senin sore. Namun, ada penundaan pada peluncurannya.

Selama uji coba, Starhopper dapat terbang lurus ke atas hingga 150 meter yang lebih tinggi dari peluncuran pada bulan lalu. Starhopper ditenagai dengan mesin Raptor tunggal. Kendaraan tersebut dapat bergerak mulus ke samping sekira 100 meter sebelum mendarat di tengah landasan.

Dikutip dari Arstechnica, dari sudut pandang teknis, tes ini mendapat hasil memuaskan, menunjukan adanya gaya dorong dan kontrol vektor dari mesin Raptor yang berjalan dengan baik. Uji coba ini menjadi pertama kalinya percobaan dengan menggunakan mesin roket besar yang membakar propelan cair metana dan dapat melakukan penerbangan yang signifikan.

Oleh karena hasil uji coba memuaskan, insinyur SpaceX dipercaya untuk menyelesaikan prototipe orbital Starship di Texas dan Florida akhir tahun ini.

Karena uji coba tersebut menimbulkan isu politik, SpaceX berusaha membuktikan bahwa Starship adalah kendaraan yang layak bagi NASA untuk mempertimbangkan penerbangan astronot ke luar angkasa.

 SpaceX meluncurkan kendaraan uji Starhopper pada Selasa malam untuk yang kedua kalinya.

Baca juga: Bukalapak Resmi Hadirkan Fitur Beli Tiket Kereta Api Bandara

Seorang senator Partai Republik dari Texas mengatakan, "Sehubungan dengan SpaceX's Starship, ia dan stafnya telah mengikuti perkembangan dengan cermat dan bersemangat tentang prospek kendaraan dan kegiatan ekonomi dan inovasi yang terjadi sebagai akibatnya di Texas".

Program SpaceX Starship bergerak dengan cepat. Konstruksi kendaraan uji Starhopper baru dimulai pada pertengahan Desember 2018. Uji coba mesin dimulai beberapa bulan kemudian, dengan uji terbang pertama pada juli, dan diikuti uji terbang kedua pada Selasa malam.

Kendaraan Starship sebenarnya, yang akan diluncurkan dari Bumi sebagai tahap kedua roket Super Heavy mungkin akan terbang pada 2020 atau lebih, tergantung pada pengujian prototipe-nya. Namun, sampai saat ini kendaraan tersebut masih dalam proses pengembangan. (Rais Erizam)

 SpaceX meluncurkan kendaraan uji Starhopper pada Selasa malam untuk yang kedua kalinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini