Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Astronom Tangkap Momen Asteroid Berganti Warna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 30 56 2098597 unik-astronom-tangkap-momen-asteroid-berganti-warna-IYIcxS9WXD.jpg Ilustrasi Asteroid (Foto: Express)

JAKARTA- Para astronom MIT (Massachusetts Institute of Technology) berhasil menangkap momen asteroid saat berganti warna. Lengkapnya, pada Desember 2019 para astronom telah menemukan asteroid aktif '6478 Gault' yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter.

Asteroid tersebut pun awalnya memiliki warna dalam spektrum inframerah, awalnya berwarna merah kemudian berubah warna mejadi kebiruan. Ini merupakan momen pertama kalinya para ilmuwan mengamati asteroid yang berubah warna secara real time.

“Itu adalah kejutan yang sangat besar. Kami pikir kami telah menyaksikan asteroid kehilangan debu kemerahannya ke angkasa, dan kami melihat asteroid berubah menjadi biru,” kata Michael Marsset, seorang postdoc di Departemen Ilmu Bumi, Atmosfer, dan Planet MIT, seperti dilansir dari laman MIT News, Sabtu (31/8/2019).

Astronom temukan asteroid berganti warna

Baca Juga: Tahukah Anda Perbedaan Asteroid, Komet dan Meteor?

Marsset dan rekan-rekannya juga telah mengkonfirmasi bahwa asteroid itu berbatu, meskipun tampaknya seperti komet.

"Ini pertama kalinya setahu saya bahwa kita melihat tubuh berbatu mengeluarkan debu, sedikit seperti komet," kata Marsset.

Marsset dan rekan-rekannya, termasuk EAPS Research Scientist Francesca DeMeo dan Profesor Richard Binzel, telah mempublikasikan hasilnya hari ini di jurnal Astrophysical Journal Letters.

Untuk diketahui, para astronom pertama kali menemukan 6478 Gault pada 1988 dan menamai asteroid itu dengan nama ahli geologi planet Donald Gault.

Baca Juga: Peneliti Temukan Tengkorak Manusia Purba Berusia 3,8 Juta Tahun

Baca Juga: Samsung Bikin Tiga Desain Galaxy Fold Generasi Baru?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini