Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Fungsi Antena pada Semut

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 01 September 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 01 56 2099208 ternyata-ini-fungsi-antena-pada-semut-Kj2ovmxZbg.jpg Ilustrasi Semut (Foto: Ist)

JAKARTA- Antena pada semut ternyata memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan semut lainnya. Mungkin kalian pernah melihat saat semut berpapasan, neraka akan berhenti sejenak. Saat itulah, semut dan semut lain menempelkan antena untuk mengetahui apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.

Lengkapnya, seperti dikutip dalam buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia', seorang peneliti di Universitas New York T.C. Schneirla melakukan sebuah penelitian tentang semut. Dia mengambil sampe seekor semut yang ditaruh di dalam tempat yang berisi makanan. Kemudian, semut lainnya ditaruh didalam yang berisi semut-semut musuh.

 Ini Penjelasan Fungsi Antena pada Semut

Baca Juga: 4 Smartphone Terbaru yang Dirilis di IFA 2019, Apa Saja?

Schneirla mengamati kelakuan kedua semut, terutama ketika berpapasan. Adapun dari penelitian tersebut dia menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu.

Kemudian, ketika bertemu dengan semut kawananya, semut ini akan saling menyapa dengan bersentuhan. Dari bersentuhan inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya melalui antena di kepala semut.

Untuk diketahui, meskipun memiliki ukuran kecil, semut ternyata hewan yang kuat. Seekor semut dapat mengangkat lima puluh kali lebih berat dari tubuhnya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mengenai Semut yang Jarang Diketahui

Baca Juga: Game PUBG Mobile Bakal Usung Tampilan 90 dan 120 FPS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini