nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Bikin Benang Robot Bantu Obati Pasien Stroke

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 02 September 2019 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 56 2099745 ilmuwan-bikin-benang-robot-bantu-obati-pasien-stroke-ePE0VetKwy.jpg Benang Robot (Foto: NS Medical Device)

JAKARTA- Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan benang robot yang dapat digunakan untuk mengobati penyumbatan dan gumpalan pada otak. Penyumbatan dan gumpalan pada otak mampu berisiko stroke dan aneurisma.

Dilansir dari laman NS Medical Device, Senin (2/9/2019) benang robot yang terlihat mirip cacing ini mampu melakukan perjalanan melalui pembuluh darah otak. Benang nantinya akan menyalurkan obat untuk pembekuan dan mengobati penyumbatan. Benang ini dikabarkan dikendalikan oleh magnet yang memungkinkan dokter dan ahli bedah untuk memandu dari jarak jauh dari lokasi mana pun.

Ilmuwan di MIT Bikin Benang Robot Bantu Obati Pasien Stroke

Baca Juga: Robot Menyerupai Anjing Bisa Tarik Mobil Truk, Ini Videonya

Profesor teknik mesin di Seoul National University Kyujin Cho mengatakan: "Salah satu tantangan dalam operasi adalah untuk dapat menavigasi melalui pembuluh darah yang rumit di otak, yang memiliki diameter sangat kecil, di mana kateter komersial tidak dapat mencapai.

"Penelitian ini telah menunjukkan potensi untuk mengatasi tantangan ini dan memungkinkan prosedur bedah di otak tanpa operasi terbuka," imbuh Cho.

Benang robot juga diklaim merupakan alternatif yang lebih aman untuk mengobati pembekuan darah. Untuk diketahui, penyakit stroke merupakan salah datu dari lima penyebab utama kematian, tetapi jika stroke akut dapat diobati dalam waktu sembilan puluh menit setelah itu terjadi, tingkat kelangsungan hidup meningkat secara signifikan.

Baca Juga: 7 Perusahaan Teknologi Ramaikan Event IFA 2019 di Berlin

Baca Juga: Samsung Galaxy S11 Gunakan Teknologi Layar 90/120Hz?

(ahl)

Berita Terkait

robot

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini