nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Teknologi Deepfake, Aplikasi Zao Picu Kekhawatiran

Gilang Adya Chandra, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 207 2100205 gunakan-teknologi-deepfake-aplikasi-zao-picu-kekhawatiran-hl49ZEvHeU.jpg Aplikasi Zao Gunakan Teknologi Deepfake (Foto: The Week)

JAKARTA - Aplikasi Zao belum lama ini dikhawatirkan mampu mencuri data privasi pribadi. Aplikasi yang sempat viral di China ini menggunakan teknologi deepfake, yang memungkinkan untuk membuat klip video seseorang berdasarkan hanya satu gambar wajah mereka.

Dikutip dari laman The Week, Rabu (4/9/2019) aplikasi Zao dirilis pada 30 Agustus 2019 dan dengan cepat mencapai puncak tangga gratis di iOS App Store China. 

Perusahaan menegaskan gambar hanya akan digunakan untuk tujuan pemasaran. Zao diterbitkan oleh Momo Inc, yang sebelumnya dikecam pada Desember 2018 ketika sebuah paket berisi nomor telepon dan kata sandi akun.

Gunakan Deepfake, Aplikasi Zao Dikhawatirkan

 Baca Juga: Aplikasi Ini Sambungkan Para Pencari Bantuan dengan Donatur

Pada hari Senin, obrolan messenger WeChat memblokir konten yang dibagikan oleh Zao atas "risiko keamanan" dan serangan balik pengguna yang meluas, lapor TechNode.

Sebuah pernyataan yang di-posting di situs jejaring sosial China, Weibo oleh aplikasi Zao mengatakan: "Kami benar-benar memahami kegelisahan orang terhadap masalah privasi".

Baca Juga: Situs Wordpress Diserang Hacker

Baca Juga: Perusahaan Asal Jerman 'Kontool' Bakal Ganti Nama Jika Masuk Pasar Indonesia

(ahl)

Berita Terkait

aplikasi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini