Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CEO Jack Dorsey Diretas, Twitter Matikan Layanan Posting via SMS

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 05 207 2100998 ceo-jack-dorsey-diretas-twitter-matikan-layanan-posting-via-sms-M3v7ZDwZFm.jpg (Foto: Wired)

JAKARTA - Twitter dikabarkan akan mematikan posting status melalui SMS setelah akun CEO Jack Dorsey diretas.

“Kami mengambil langkah ini karena kerentanan yang perlu diatasi oleh operator seluler dan ketergantungan kami pada nomor telepon yang ditautkan untuk otentikasi dua faktor. Kami sedang berupaya meningkatkan ini,” kata pihak Twitter, seperti dilansir dari laman Digital Trends, Kamis (5/9/2019).

Meskipun demikian, Twitter juga mengungkapkan jika pihaknya akan mengaktifkan kembali pengaturan posting melalui SMS. Namun, ini merupakan strategi jangka panjang sehingga masih belum diketahui kapan meluncur.

Untuk diketahui, sebelumnya peretas mampu mengakses Twitter Dorsey melalui pertukaran SIM. Dengan metode ini, peretas meyakinkan operator telepon seluler untuk menetapkan nomor telepon ke telepon baru yang ada di tangan peretas.

Laporan tentang peretasan mengatakan bahwa contoh tweet yang diretas dikirim menggunakan perusahaan MMS, Cloudhopper, dengan menggunakan teks untuk tweet. Twitter mengakuisisi perusahaan itu kembali pada 2010.

 Twitter dikabarkan akan mematikan posting status melalui SMS setelah akun CEO Jack Dorsey diretas.

Baca juga: Aturan IMEI Akan Diterapkan, Ini Nasib Ponsel yang Dibeli di Luar Negeri

Nomor telepon yang dikaitkan dengan akun dikompromikan karena pengawasan keamanan oleh penyedia ponsel. Ini memungkinkan orang yang tidak berwenang untuk menulis dan mengirim tweet melalui pesan teks dari nomor telepon.

Kebijakan Twitter saat ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan nomor telepon mereka ke akun Twitter yang ada untuk mengirim dan menerima tweet sebagai teks. Menurut kebijakan tersebut, hanya akun yang baru saja ditautkan ke nomor telepon yang diizinkan melakukan perintah SMS, yang berarti jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Twitter, sebelumnya hanya dapat mengirim pesan tweet ke yang terbaru.

Fitur teks SMS umumnya digunakan untuk daerah pedesaan yang tidak mendapatkan layanan Wi-Fi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini