Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Data Pribadi Bocor, Hati-Hati Pajang Nomor Ponsel di Facebook

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 20:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 207 2101631 data-pribadi-bocor-hati-hati-pajang-nomor-ponsel-di-facebook-toMBzohPaY.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA - Ratusan juta informasi pribadi milik pengguna Facebook, termasuk nomor ponsel, nama dan lokasi, kabarnya dapat terlihat dalam database online yang tidak terlindungi, seperti diwartakan People, Jumat (6/9/2019).

Kabarnya, informasi pribadi ini ditemukan dalam database online lebih dari setahun setelah perusahaan mematikan fitur identifikasi nomor telefon.

Seorang peneliti keamanan menemukan lebih dari 419 juta catatan dalam basis data yang tidak dilindungi, dan 133 juta di antaranya adalah pengguna Facebook berbasis AS, TechCrunch melaporkan.

Siapa pun dapat menemukan dan mengakses database karena tidak dilindungi dengan server, menurut laporan itu. “Setiap catatan berisi ID Facebook unik pengguna dan nomor telepon yang tercantum di akun,” lapor TechCrunch.

 Ratusan juta informasi pribadi milik pengguna Facebook, termasuk nomor ponsel, nama dan lokasi, kabarnya dapat terlihat.

Baca juga: Saingi Galaxy Fold, LG G8X Hadirkan Desain Ponsel Lipat

"ID Facebook pengguna biasanya nomor panjang, unik, dan publik yang terkait dengan akun mereka, yang dapat dengan mudah digunakan untuk membedakan nama pengguna akun," tambahnya.

Penemuan ini terjadi 18 bulan setelah dunia mengetahui skandal Cambridge Analytica pada Maret 2018, yang mengungkapkan perusahaan tersebut membiarkan perusahaan pihak ketiga mengambil data pengguna untuk menargetkan pemilih dalam pemilihan presiden 2016.

Segera setelah kejadian, Facebook mematikan fitur yang memungkinkan orang menemukan akun Facebook dengan nomor telepon pengguna, mencatat bahwa "aktor jahat" telah menyalahgunakan fungsi tersebut.

 Ratusan juta informasi pribadi milik pengguna Facebook, termasuk nomor ponsel, nama dan lokasi, kabarnya dapat terlihat.

Baca juga: Aturan IMEI Akan Diterapkan, Ini Nasib Ponsel yang Dibeli di Luar Negeri

"Dataset ini sudah tua dan tampaknya memiliki informasi yang diperoleh sebelum kami melakukan perubahan tahun lalu untuk menghapus kemampuan orang menemukan orang lain menggunakan nomor telepon mereka," kata juru bicara Facebook kepada PEOPLE.

Kabarnya, data telah dihapus dan perusahaan belum melihat bukti bahwa akun Facebook diretas. Ini bukan skandal privasi pertama yang dihadapi Facebook.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini