Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Gunakan Gmail, Ponsel Huawei Bakal Didukung ProtonMail?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 09 September 2019 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 207 2102351 tak-gunakan-gmail-ponsel-huawei-bakal-didukung-protonmail-fA1XG4I52o.png Huawei (Foto: KeyC TV)

JAKARTA- Beberapa waktu lalu, Huawei dikabarkan tidak dapat menggunakan layanan Google pada smartphone terbarunya termasuk Gmail. Huawei pun mencari alternatif lainnya.

Kabarnya Huawei tengah mempertimbangkan ProtonMail menjadi pengganti Gmail. Kabarnya layanan email asal Swiss ini dapat dimuat pada App Gallery Huawei.

Dilansir dari laman KeyC.tv, Senin (9/9/2019) meskipun demikian Chief Executive Officer ProtonMail, Andi Yen mengatakan jika pihaknya belum membuat keputusan terakhir untuk rencana ini. 

"Apa yang mereka lihat dalam diri kita adalah menggunakan pengganti untuk Google jika mereka tidak dapat menyediakan Google lagi," kata Yen.

Yen menambahkan jika perusahaannya ingin menjaga netralitas ketat pada setiap masalah politik. Ia juga mengungkapkan jika faktor penentu untuk bergabung dengan Huawei yakni apakah itu dapat menjamin privasi dan keamanan pelanggannya.

Ponsel Huawei Bakal Didukung ProtonMail?

Baca Juga: Huawei Konfirmasi Tanggal Peluncuran Ponsel Mate 30

ProtonMail tersedia di Google Playshop. ProtonMail yang berbasis di Jenewa menyediakan 17 juta pengguna di seluruh dunia dukungan email terenkripsi end-to-end. Selain itu, ia menyimpan data di pusat datanya sendiri, seperti yang terletak di-bunker yang dijaga ketat di bawah 1.000 meter (3.280 kaki) batu granit.

Untuk diketahui, Huawei telah kehilangan akses ke layanan Google setelah pemerintah AS memasukannya dalam daftar entitas pada Mei 2019. Ini membuat perusahaan teknologi Amerika termasuk Google harus memerlukan izin khusus untuk melakukan bisnis dengan Huawei dan beberapa perusahaan asal China.

Hal tersebut juga memengaruhi pembaruan untuk sistem operasi Android yang hadir pada ponsel Huawei di pasar global. Huawei juga telah meluncurkan sistem operasi terbarunya Harmony OS yang baru meluncur di perangkat smart tv.

Terlepas dari upaya organisasi untuk mengembangkan alternatifnya, pendapatan ponsel pintar internasional Huawei diprediksi akan berkurang setengahnya dalam 12 bulan jika pemilik telepon tidak dapat menggunakan Google Maps atau layanan Google. Hal tersebut diungkapkan oleh analis Bloomberg Intelligence Charles Shum dalam kolom opininya.

Ponsel Huawei Bakal Didukung ProtonMail?

Baca Juga: Lagi, Bocoran iPhone 11 Nongol Sebelum Pengumuman Resmi

Baca Juga: Viral, Suara Siswa SMA Ini Mirip Voice Google Assistant

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini