nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wahana Vikram Milik India Mendarat di Bulan Setelah Hilang Kontak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 09 September 2019 12:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 09 56 2102390 wahana-vikram-milik-india-mendarat-di-bulan-setelah-hilang-kontak-NDpKN8FKRi.jpg Wahana Vikram Sebelum Mendarat di Bulan (Foto: The Guardian)

JAKARTA- India telah meluncurkan misi Chandrayaan-2 ke bulan. Pesawat luar angkasa atau lander Vikram pun dikabarkan telah mencapai permukaan bulan. Setelah kehilangan kontak pada 7 September 2019.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin (9/9/2019) kabarnya upaya untuk menjalin kontak tengah dilakukan hingga saat ini. Menurut Ketua Organisasi Penelitian dan Antariksa India (ISRO), Kailasavadivoo Sivan mengungkapkan jika kamera-kamera dari pengorbit misi Bulan telah menemukan Vikrma.

"Itu pasti pendaratan yang sulit," katanya.

Pihak ISRO sebelumnya mengatakan jika pihaknya kehilangan kontak dengan pendarat bulan Vikram pada hari Sabtu, saat melakukan pendekatan terakhir ke kutub selatan bulan untuk mengerahkan bajak untuk mencari tanda-tanda air. ISRO juga mengungkap jika kinerja normal dapat diamati hingga 2 kilometer (1,2 mil) dari permukaan bulan.

Wahana Vikram Milik India Mendarat di Bulan Setelah Hilang Kontak

Baca Juga: Viral, Suara Siswa SMA Ini Mirip Voice Google Assistant

Misi pendaratan ini membuat India menjadi negara keempat yang mendaratkan kapal di permukaan bulan. Sebelumnya, ada Amerika Serikat, bekas Uni Soviet, dan China yang telah mendaratkan pesawat luar angkasa di Bulan.

Misi ke Bulan (Chandrayaan 2) menghabiskan sekira USD140 juta atau Rp1,98 triliun. Misi ini bertujuan untuk mengekplorasi kawah bulan yang dianggap memiliki cadangan air. Ini merupakan lanjutan dari penemuan misi Chandrayan 1 pada 2008.

Baca Juga: Tak Gunakan Gmail, Ponsel Huawei Bakal Didukung ProtonMail?

Baca Juga: Apple Gelar Event 10 September, Bisa Disaksikan Live Streaming

(ahl)

Berita Terkait

Bulan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini