nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Kuat Dibanding Bom Nuklir, Asteroid Apophis Bakal Hantam Bumi?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 09 September 2019 14:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 56 2102445 lebih-kuat-dibanding-bom-nuklir-asteroid-apophis-bakal-hantam-bumi-AYSc7jfxo0.jpg Ilustrasi Asteroid (Foto: News Nation)

JAKARTA- Peneliti memperingatkan bahwa asteroid bernama Apophis yang dikenal juga dengan 'God of Chaos' memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Bahkan lebih besar 65.000 kali dari bom nuklir di Hiroshima.

Dilansir dari laman News Nation, Senin (9/9/2019) asteroid tersebut bahkan diperkirakan mampu mengenai Bumi dan menimbulkan kerusakan besar. Jatuhnya asteroid ke permukaan Bumi, dapat membawa tsunami, gelombang kejut, dan angin mendatar yang bisa menjadi bencana besar.

Menurut laporan Express, asteroid diberi nama Apophis yang dikaitkan dengan dewa kejahatan, kegelapan, dan kehancuran Mesir Kuno. Menurut para ilmuwan, asteroid akan meninggalkan kawah lebih dari satu mil lebar dan 518 meter.

Jika terkena, dampak asteroid Apophis, akan setara dengan 880 juta ton TNT yang diledakkan. Ini 65.000 kali lebih kuat dari bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima.

Asteroid Apophis Miliki Kekuatan Lebih Besar dari Bom Nuklir

Baca Juga: LAPAN: Asteroid Besar yang Jatuh ke Laut Bisa Timbulkan Tsunami

NASA mengatakan bahwa asteroid itu mungkin melewati Bumi pada tahun 2029. Badan antariksa AS lebih lanjut mencatat bahwa ada peluang 2,7 persen untuk memengaruhi planet kita.

Meskipun demikian, para ahli di seluruh dunia masih khawatir tentang dampak potensial asteroid tersebut pada 12 April 2068. Padahal, NASA juga percaya bahwa Apophis memiliki satu dari 150.000 kemungkinan bertabrakan pada 2068.

Dalam buku barunya End Times, Bryan Walsh mengatakan, "Peluang Apophis mengenai Bumi pada abad berikutnya adalah mikroskopis 0,00089 persen pada 2019 meskipun itu lebih tinggi daripada peluang Anda untuk mati dalam kecelakaan pesawat."

Para Ahli di NASA juga akan menggunakan beberapa flybys berikutnya untuk mempelajari asteroid dan jalur penerbangannya dengan lebih baik. Bahkan NASA juga membuat alat yang mampu membelokan asteroid agar tidak menyentuh Bumi. Alat tersebut merupakan wahana antariksa Double Asteroid Redirection Test (DART).

Baca Juga: Bocoran Gambar Ungkap Google Pixel 4 Hadirkan Varian Orange?

Baca Juga: 5 Aplikasi Kebugaran Terbaik Bisa Diunduh di Android

(ahl)

Berita Terkait

Asteroid

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini