nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Studi Ungkap Alasan Seseorang Memusatkan Mata Kiri saat Selfie di Instagram

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 56 2103104 studi-ungkap-alasan-seseorang-memusatkan-mata-kiri-saat-selfie-di-instagram-dXnkTjPk2t.jpg Ilustrasi Instagram (Foto: BrightSurf)

JAKARTA - Sebuah studi mengungkap jika seseorang cenderung membuat foto 'selfie' berpusat pada mata kiri. Studi ini dilakukan pada 4.000 foto selfie Instagram yang diambil pada beberapa kota di antaranya New York (AS), Sao Paulo (Brasil), Moskow (Rusia), Berlin (Jerman), dan Bangkok (Thailand).

Dilansir dari laman BrightSurf, Rabu (11/9/2019) sampel dari studi ini tidak termasuk foto umum lainnya yang dikenal 'wefies','usies', dan 'groupies'. Analisis statistik yang diterapkan pada informasi ini menunjukkan bahwa pencipta selfie cenderung memusatkan salah satu mata mereka sedikit ke kiri tengah selfie, dan biasanya mata kiri.

Yang menarik, kecenderungan keterpusatan ini kurang bervariasi di antara subyek selfie daripada yang diperkirakan jika fenomena itu terjadi secara kebetulan, dan terlihat secara konsisten di semua kota sampel dalam penelitian ini.

 Alasan Seseorang Memusatkan Mata Kiri saat Selfie di Instagram

Baca Juga: Instagram Kerjakan Fitur Baru untuk Cegah Pesan Spam

Selanjutnya, sedikit pemusatan mata ke kiri konsisten dengan fenomena yang diamati pada orang sehat secara neurologis yang dikenal sebagai 'pseudoneglect' di mana perhatian spasial cenderung bergeser ke kiri.

Ini ditunjukkan, misalnya, ketika orang diminta untuk menunjukkan tengah garis horizontal yang digambar di selembar kertas, rata-rata, tanda dibuat sedikit ke kiri.

Fakta bahwa mata kiri lebih sering terpusat daripada kanan juga konsisten dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pengambil foto dan seniman potret diri lebih suka memperlihatkan lebih banyak pipi kiri mereka.

Profesor Christopher Tyler, Profesor Optometri dan Ilmu Visual di City, University of London dan seorang kolaborator dalam penelitian mengatakan, "Hasil inti dari penelitian ini adalah untuk mereplikasi penemuan saya sebelumnya bahwa pelukis cenderung memusatkan satu mata pada potret". Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Alasan Seseorang Memusatkan Mata Kiri saat Selfie di Instagram

Baca Juga: Jack Ma Pensiun dari Alibaba di Usia 55 Tahun

Baca Juga: Segera Hapus, 24 Aplikasi Ini Mengandung Malware 'Joker'

(ahl)

Berita Terkait

Foto Selfie

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini