Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaringan 5G Jadi Sorotan di Tokyo Game Show Tahun Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 12 54 2104016 jaringan-5g-jadi-sorotan-di-tokyo-game-show-tahun-ini-EMHetJxzOb.jpg Tokyo Game Show 2019 (Foto: Kotaku)

JAKARTA- Kecepatan tinggi 5G telah menjadi sorotan utama acara Tokyo Game Show yang diselenggarakan pada hari ini, (12/9/2019) di Chiba Prefecture, Jepang. Acara akan berlangsung hingga 15 September 2019.

Dilansir dari laman Japan Today, pembuat game, pengembang jaringan, dan promotor esport mengungkapkan jika industri game akan mendapatkan manfaat dari jaringan 5G. Seperti halnya mendapatkan manfaat donwload yang lebih cepat dan koneksi yang lebih lancar untuk bermain.

"Teknologi 5G yang menampilkan kapasitas besar, kecepatan tinggi, latensi rendah, dan penyisihan untuk koneksi simultan oleh banyak pengguna akan berinovasi di dunia gaming," kata Direktur Departemen Bisnis Konsumen Ponsel NTT Docomo Inc, Hiroyuki Yoshida.

Dalam acara tersebut, produsen Docomo juga memberikan kesempatan pengunjung untuk mengalami permainan augmented reality Street Fighter V Arcade Edition, di mana pengunjung dapat menonton pertempuran antara karakter tiga dimensi yang ditumpangkan pada lokasi fisik mereka saat ini melalui layar smartphone mereka.

Untuk diketahui, Jepang juga akan meluncurkan 5G komersial pada 2020. Kabarnya 5G, akan mampu mengirim dan menerima data sekitar 100 kali lebih cepat daripada teknologi 4G saat ini.

 Jaringan 5G Jadi Sorotan di Tokyo Game Show Tahun Ini

Baca Juga: Bidik Pasar Menengah Atas, Motorola Siapkan Ponsel 5G Premium

Pengguna smartphone, misalnya, akan dapat mengunduh film berdurasi dua jam hanya dalam tiga detik. Teknologi ini juga diharapkan dapat berkontribusi pada perluasan game berbasis cloud di komputer dan smartphone yang terhubung ke internet yang tidak mengharuskan pengguna untuk membeli konsol game khusus, seperti Sony Corp PlayStation atau perangkat Nintendo Co's Switch.

Melanjutkan tren beberapa tahun terakhir, Tokyo Game Show menampilkan kompetisi esports di dua panggung khusus besar masing-masing dengan stadion berkapasitas 500 kursi untuk penonton. Penyelenggara berharap untuk menarik lebih banyak pemain domestik ke pasar game kompetitif yang tumbuh cepat.

Esports sudah populer di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Eropa, tetapi tidak begitu banyak di Jepang di mana game kompetitif online masih pada tahap yang relatif awal. Empat hari ini diharapkan akan menarik lebih dari 250.000 pengunjung untuk melihat 655 peserta pameran, termasuk 305 dari sekitar 40 negara, memamerkan produk-produk terbaru mereka.

Baca Juga: Huawei Luncurkan Chip Kirin 990 dan Kirin 990 5G

Baca Juga: Samsung Galaxy M10s Usung Layar AMOLED, Ini Spesifikasinya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini