Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kirim Manusia pada 2024, NASA Lakukan Simulasi Hidup di Bulan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 16 September 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 15 56 2105179 kirim-manusia-pada-2024-nasa-lakukan-simulasi-hidup-di-bulan-Hdb9rVDuxn.jpg Simulasi Hidup di Bulan (Foto: Parabolicarc)

JAKARTA- Bulan menjadi salah satu objek penelitian antariksa. Beberapa negara seperti Amerika, China, Rusia, India, Korea Selatan, Jepang, dan Korea Utara berlomba untuk mengirim manusia ke Bulan.

Dilansir dari laman Parabolicarc, Senin (16/9/2019), Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA bahkan akan mempercepat pengiriman astronot ke bulan pada 2024. Sebelumnya NASA berencana akan mengirim astronot ke Bulan pada 2028.

Saat ini, tim NASA juga tengah mengevaluasi bagaimana astronot akan hidup dan bekerja di Bulan. Evaluasi dilakukan di Netral Buoyancy Lab NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Para tim pun menciptakan simulasi habitat yang mirip dengan Bulan. Kemudian, Astronot NASA menyimulasikan berjalan di Bulan, yang memiliki seperenam gravitasi Bumi.

Astronot Drew Feustel dan Don Pettit merupakan dua orang yang menjalani simulasi tersebut. Adapun pengiriman manusia ke Bulan belum pernah terjadi sejak 1969. Tepatnya pada 16 Juli 1969, Apollo 11 yang mengangkut Neil Armstrong, Edwin Aldrin Jr, dan Michael Collin meluncur menuju bulan. Setelah 76 jam, Apollo 11 masuk ke orbit Bulan pada 19 Juli.

NASA Lakukan Simulasi Hidup di Bulan

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Hanya Satu Sisi Bulan yang Terlihat dari Bumi

Armstrong dan Aldrin menaiki Eagle yang menjadi kendaraan mereka untuk mencapai bulan. Pada pukul 16.18, Eagle sampai di wilayah Bulan yang diberi nama Sea of Tranquility.

Armstrong kemudian memberikan laporan ke Bumi mengenai pendaratan tersebut dengan mengatakan, “The Eagle has landed (Elang sudah mendarat)”.

Beberapa jam kemudian, Armstrong keluar dari Eagle secara perlahan dengan kamera yang merekam momentum bersejarah tersebut.

Armstrong lalu melangkahkan kakinya di permukaan bulan dan saat itulah menjadi waktu di mana manusia pertama kali mendarat di Bulan.

Baca Juga: Fenomena Langka 'Bulan Hitam' Bakal Terjadi Pekan Ini

Baca Juga: Video Asli Pendaratan Manusia di Bulan Dilelang Rp35,9 Miliar

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini