Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nostalgia iPhone 4, Ponsel dengan Kamera Depan Pertama Apple

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 57 2105110 nostalgia-iphone-4-ponsel-dengan-kamera-depan-pertama-apple-VPIKsnHrPV.jpg Ilustrasi iPhone 4 (Foto: GSM Arena)

JAKARTA- Apple telah resmi merilis tiga iPhone terbarunya pada 10 September 2019. Ketiga perangkat yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhne 11 Pro Max. Tidak terasa, Apple telah meluncurkan perangkat iPhone selama 12 tahun sejak pertama kali meluncur pada 2007.

Dilansir dari laman GSM Arena, Minggu (15/9/2019) salah satu perangkat iPhone yang membawa perubahan penamaan dan fitur yakni iPhone 4 yang diluncurkan pada7 Juni 2010. Fitur paling menonjol dalam ponsel ini yang kamera depan dan layar.

Pendahulu iPhone 4, iPhone 3GS memiliki punggung melengkung yang terbuat dari plastik mengkilap. Sementara itu desain iPhone 4 yang dibuat oleh Jony Ive menyematkan bingkai aluminium terbuka diapit di antara dua panel kaca yang diperkuat. Salah satu desain yang telah disalin oleh hampir setiap pembuat ponsel sejak itu. iPhone 4 juga memiliki bingkai stainless steel dan kaca aluminosilikat. Bahan yang sama ini digunakan di iPhone 11.

 Nostalgia Ponsel Milik Apple iPhone 4

Baca Juga: Google Temukan Situs yang Diam-Diam Menyerang iPhone

Lebih lanjut, iPhone 4 juga memperkenalkan konsep Retina Display ke dunia. Layar ini mendorong kerapatan piksel cukup tinggi untuk mencapai visual yang tidak bisa dibedakan pada 12 inci. Kerapatan piksel 326ppi berada di atas standar 300ppi yang biasa digunakan untuk pencetakan.

Untuk mencapai 326ppi, Apple harus melipatgandakan resolusi layar HVGA yang telah digunakan sejak aslinya. Itu berarti layar 640 x 960px, naik dari 320 x 480px. Hubungan sederhana ini memungkinkan iOS 4 dengan cepat meningkatkan aplikasi yang ada dengan hasil berkualitas baik.

Kamera pada iPhone 4 juga juga ditingkatkan dengan sensor 5MP baru yang memiliki kualitas mengesankan pada saat itu. Kamera pada iPhone 4 juga menjadi kamera iPhone pertama yang mampu merekam video HD 720p pada 30fps.

Tidak hanya itu, Apple juga mengaplikasikan kamera depan pertama kali pada iPhone 4. Fungsi utamanya adalah untuk mengaktifkan fitur panggilan video FaceTime baru.

Sayangnya, iPhone 4 dinodai oleh kontroversi antennagate. Beberapa pengguna merisaukan penangkapan sinyal yang susal. Hal tersebut ternyata lantaran penangkapan sinyal iPhone 4 tertutup tangan pengguna jika digenggam pada sebelah kiri. Apple pun mengakui hal tersebut dengan membagikan case gratis yang memperkuat sinyal.

Nostalgia Ponsel Milik Apple iPhone 4

Baca Juga: FCC Bakal Selidiki Laporan Radiasi Ponsel iPhone

Baca Juga: Apple Sediakan USD1 Juta untuk Penemu Kecacatan iPhone

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini