Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaringan 5G Tingkatkan Kualitas Game AR dan VR

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 16 September 2019 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 207 2105375 jaringan-5g-tingkatkan-kualitas-game-ar-dan-vr-m8ROuIiMsQ.jpg Ilustrasi Game (Foto: JW Web Magazine)

JAKARTA- Developer game asal Bahrain, Omar Alshiji mengungkapkan jika teknologi 5G mampu meningkatkan kualitas game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Hal tersebut diungkapknya setelah mencoba game Tekken pada stan NTT Docomo Inc pada ajang Tokyo Game Show 2019, di Chiba.

"Itu sangat lancar, responsif dan konsisten," kata Alshiji, seperti dilansir dari laman India Today, Senin (16/9/2019). 

Salah satu operator seluler Jepang telah memasang 5G base station di boothnya tahun ini, membuat jaringan berkecepatan tinggi tersedia di Tokyo Game Show.

"Negara saya tidak memiliki 5G, hanya 4G jadi saya ingin mencobanya. Itu lebih cepat," kata Alshiji.

Sebagai pemain esport, dia juga mengatakan jika 5G memungkinkan respons yang lebih cepat dari pemain, faktor penentu utama dalam kompetisi esports.

 5G Tingkatkan Game AR dan VR

Baca Juga: Google Doodle Kenang Hari Kelahiran Chrisye

Jaringan 5G komersil telah tersedia di beberapa wilayah Amerika Serikat dan di Korea Selatan. Sementara itu, layanan 5G komersial akan dimulai di Jepang tahun depan. Selain bermain game, teknologi ini diharapkan dapat digunakan secara luas di berbagai bidang seperti mengemudi otonom dan operasi medis jarak jauh.

Seperti diberitakan sebelumnya, jaringan 5G memang menjadi daya tarik tersendiri di ajang Tokyo Game Show 2019. Jaringan tersebut menawarkan kecepatan pengiriman data sekitar 100 kali lebih cepat dari 4G.

5G diharapkan memungkinkan pencitraan yang lebih mulus dengan latensi yang lebih rendah, gambar yang lebih jelas, dan gerakan yang lebih tajam.

Baca Juga: Bisa Diunduh di iOS dan Android, Ini Tayangan Andalan MNC Now

Baca Juga: Nostalgia iPhone 4, Ponsel dengan Kamera Depan Pertama Apple

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini