Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Ubah Wajah Deepfake

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 12:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 17 207 2105849 mengenal-lebih-dekat-teknologi-ubah-wajah-deepfake-IKdzA1gLBH.jpg Ilustrasi Deepfake (Foto: CBC)

JAKARTA- Teknologi deepfake merupakan salah satu contoh dari majunya perkembangan teknologi visual atau video. Deepfake merupakan teknik menggunakan kecerdasan buatan yang mampu mengubah wajah seseorang dalam video.

Dilansir dari laman Salon, Selasa (17/9/2019) iterasi pertama dari deepfake muncul dalam video porno yang menampilkan wajah selebriti. Akan tetapi teknologi tersebut saat ini digunakan sebagai hiburan, sindiran, bahkan alat propaganda politik.

 Mengenal Teknologi Deepfake

Bagaimana Deepfake Terbentuk?

Pembuatan video deepfake saat ini sudah semakin mudah dengan menjamurnya aplikasi. Ada dua aplikasi yang mampu digunakan untuk membuat deepfake yakni Fakeapp dan DeepFaceLab. Kedua aplikasi dapat diunduh secara gratis.

Namun tentunya, kualitas deepfake tergantung bagaimana dibuat. Membuat deepfake yang meyakinkan juga membutuhkan banyak upaya dan waktu.

Mengapa Orang Membuat Deepfake?

Seiring berjalannya waktu deepfake juga menjadi alat yang mampu menyesatkan orang dan menyebarkan informasi palsu. Meskipun deepfake dapat digunakan untuk hiburan dan sindiran di TV dan media sosial.

 Baca Juga: Galaxy One, Samsung "Kawinkan" Galaxy S dan Note Tahun Depan?

Apakah Perlu Khawatir dengan Deepfake?

Memanipulasi gambar untuk menggambarkan sudut pandang dan membujuk pemirsa bukanlah hal baru. Deepfake tidak seperti model airbrush di majalah atau filter cahaya di Snapchat.

Ketika target mereka adalah pejabat terpilih, peristiwa aktual dari sejarah, atau informasi publik. Deepfake memiliki potensi untuk mengikis kepercayaan masyarakat, suatu pemikiran yang sangat menakutkan ketika pemilihan presiden tahun 2020. Untuk alasan ini, deepfake telah menarik perhatian politisi.

Pada Juli 2019, Ketua Komite Intelijen Dewan Perwakilan Rakyat AS Adam Schiff menulis surat kepada CEO Facebook, Twitter, dan Google yang menanyakan tentang kebijakan formal perusahaan mereka tentang deepfake dan pengembangan teknologi untuk mendeteksi mereka.

Namun sejauh ini, perusahaan belum merespons atau secara terbuka menyatakan bagaimana mereka akan menangani fenomena yang muncul ini.

Mengenal Teknologi Deepfake

Apa yang Bisa Anda Lakukan Tentang Deepfake?

Beberapa orang sekarang mungkin sebenarnya lebih mengerti tentang deepfake. Pasalnya, mereka tahu semua tentang menggunakan alat pengeditan seperti yang ada di Snapchat, Instagram, dan Facetune untuk membuat gambar yang unik dan mereka tahu untuk tidak memercayai semua yang mereka lihat.

Keterampilan literasi ini akan sangat penting untuk lingkungan online di mana siapa pun dapat membuat apa saja dengan mudah.

Bagaimana Bisa Mengenali Deepfake?

Karena manusia dapat dengan mudah dibohongi, mungkin tergantung pada perusahaan teknologi untuk membantu mengenali deepfake dan menandai yang potensial.

Banyak yang mengembangkan algoritma dan AI canggih untuk tujuan ini. Misalnya, perusahaan perangkat lunak Adobe, pencipta Photoshop, bermitra dengan para peneliti University of California Berkeley untuk melatih AI untuk mengenali manipulasi wajah.

Alat ini pada akhirnya dapat membantu konsumen mendeteksi deepfake. Sementara itu, karakteristik berikut mungkin membantu Anda untuk mengenalinya. Seperti perubahan warna wajah, pencahayaan yang tidak tepat, suara dan video disinkronkan dengan tidak pas.

 Mengenal Teknologi Deepfake

Contoh Deepfake Terkenal

Dalam satu contoh yakni pada film Terminator 2 saat aktor Sylvester Stallone menjadi Arnold Swarzenegger.

Di Instagram ada juga influencer yang diciptakan dari AI yakni Lil Miquela yang memiliki 1,5 juta pengikut. Miquela memang tidak memalsukan wajah orang lain, namun ini merupakan salah satu contoh karakter yang dibentuk dengan komputer (AI).

Baca Juga: Oppo A9 2020 Bakal Meluncur Sore Ini, Berapa Harganya?

Baca Juga: Google Pixel 4 Miliki Sensor Gambar Mirip Pixel 3?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini