Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wi-Fi Alliance Rilis Program Sertifikasi Perangkat Wi-Fi 6

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 207 2106016 wi-fi-alliance-rilis-program-sertifikasi-perangkat-wi-fi-6-yjafpWsAj5.jpg (Foto: Computing)

JAKARTA - Wi-Fi Alliance secara resmi meluncurkan program Wi-Fi 6 Certification. Ini menunjukkan bahwa standar nirkabel efisiensi tinggi baru (IEEE 802.11ax) telah selesai.

Dilansir Computing, peluncuran resmi program sertifikasi juga berarti bahwa produsen perangkat dan produsen peralatan asli (OEM) sekarang dapat mendekati Wi-Fi Alliance. Mereka bisa mendapatkan sertifikasi untuk membawa branding Wi-Fi 6.

Sertifikasi ini terutama akan fokus pada memverifikasi interoperabilitas dan set fitur perangkat IEEE 802.11ax baru untuk memastikan bahwa mereka memiliki semua keamanan yang diperlukan. Selain itu, memastikan kemampuan performa untuk bekerja dengan baik dengan standar IEEE 802.11ax baru.

Menurut Wi-Fi Alliance, 802.11ax hadir dengan berbagai fitur baru yang membuatnya hingga 37 persen lebih cepat dari 802.11ac (Wi-Fi 5) dalam skenario pengguna tunggal.

Ini juga menawarkan kinerja keseluruhan yang diklaim "jauh lebih besar" di bawah kondisi yang menantang dengan sejumlah besar perangkat yang terhubung di bandara, stadion, dan taman industri.

 Wi-Fi Alliance secara resmi meluncurkan program Wi-Fi 6 Certification.

Baca juga: Oppo A9 (2020) Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Wi-Fi 6 juga memberikan keamanan dan interoperabilitas bersama dengan peningkatan kapasitas dan latensi dibandingkan dengan standar Wi-Fi 5 sebelumnya.

Menurut Wi-Fi Alliance, perangkat Wi-Fi 6 akan dapat mendukung aplikasi yang membutuhkan kinerja puncak. Perangkat Wi-Fi 6 juga mendukung latensi rendah dan daya rendah dalam skenario Internet of Things (IoT) industri atau skenario rumah pintar.

Kabarnya, 802.11ax menggunakan teknik Orthogonal frequency-division multiple access (OFDMA) untuk membagi spektrum untuk alokasi simultan ke banyak pengguna. Hal ini juga dapat secara bersamaan menggunakan MIMO multi-pengguna (multiple input multiple output) dan teknik OFDMA untuk memungkinkan pembagian spektrum yang lebih efisien antar perangkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini