Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Api Besar di Satelit Jupiter 'Loki' Meletus Dalam Waktu Dekat

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 56 2106376 gunung-api-besar-di-satelit-jupiter-loki-meletus-dalam-waktu-dekat-ib1CrRqywd.jpg Gunung Api Loki Meletus pada 1979 (Foto: Gizmodo)

JAKARTA- Gunung berapi paling aktif di tata surya, Loki kabarnya akan meletus pada pertengahan September. Sayangnya masih belum diketahui tepatnya tanggal tersebut, kemungkinan saat ini Loki sudah mulai aktif. Gunung Loki berlokasi di satelit Jupiter, Io.

Dilansir dari laman Gizmodo, Rabu (18/9/2019) letusan Loki akan menyumbang 15 persen total pengeluaran panas dari Bulan Jupiter, Io. Gunung tersebut memiliki kawah dengan lebar sekira 200 kilometer (124 mil). Para astronom dapat mengamati amukan Loki dengan menggunakan teleskop.

Gunung Api Paling Aktif di Tata Surya 'Loki' Akan Meletus

Baca Juga: Awal Mula Terbentuknya Jupiter

Selama 20 tahun terakhir, astronom Julie Rathbun dari Planetary Science Institute di Arizona telah menyaksikan dengan takjub ketika gunung berapi ini meletus dalam waktu yang teratur.

Perhitungan terbarunya menunjukkan Loki akan meletus pada pertengahan September. Sebelum ini, Rathbun meramalkan bahwa gunung api di setalit Jupiter itu akan meletus pada Mei 2018.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Partikel Polusi Udara Bisa Menembus Plasenta Ibu Hamil

Baca Juga: Startup Asal Indonesia 'Bahaso' Curi Perhatian di Budapest

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini