Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Review realme 5 Pro, Ponsel Tangguh Rp3 Jutaan dengan Fitur 4 Kamera Belakang

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 92 2106731 review-realme-5-pro-ponsel-tangguh-rp3-jutaan-dengan-fitur-4-kamera-belakang-KBskOC2ZPE.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019. Kedua ponsel memiliki konfigurasi empat kamera di bagian belakang.

realme 5 dan realme 5 Pro menjadi ponsel pertama Realme yang mengusung fitur quad kamera. Kamera utamanya memiliki sensor yang besar yakni mencapai 48 MP.

Okezone berkesempatan untuk menjajal langsung realme 5 Pro, berikut ulasannya.

Membuka Isi Kotak

Pada bagian dalam kotak terdapat ponsel realme 5 Pro berwarna Sparkling Blue. Ada juga kepala charger, USB Type C, casing transparan realme 5 Pro, dan beberapa pelengkap buku panduan.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Kesan Pertama Mencoba

realme 5 Pro cukup ringan digenggam dan sangat pas di tangan. Tampaknya ini berkat bodi yang tipis pada ponsel serta lengkungan pada sisi ponsel.

Bagian belakangnya tidak begitu licin, meskipun mudah kotor dengan sidik jari yang menempel. Hal tersebut bisa disiasati dengan penggunaan case tambahan.

Meskipun memiliki bodi plastik, tidak meninggalkan kesan elegan pada ponsel dengan punggung yang tampak mengkilap dan memiliki gradasi warna.

Tampilan

Dari segi tampilan depan, ponsel tidak jauh berbeda dengan pendahulunya realme 3 Pro yang mengusung bezel tipis dan poni mini.

Ukuran layarnya sama yakni 6,3 inci dengan IPS LCD. Bedanya pada bagian belakang, realme 5 Pro kali ini membawa empat kamera dengan modul vertikal pada bagian kiri atas. Kemudian, terdapat flash di samping kamera.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Pada bagian atas kamera utama diberi label 48 MP yang menjadi salah satu unggulan ponsel ini. Tidak hanya itu, bagian belakang ponsel juga dilengkapi dengan logo realme di bagian kiri bawah. Pada bagian tengahnya terdapat fitur fingerprint yang sangat responsif ketika membuka kunci smartphone.

Meskipun demikian, realme 5 Pro saat ini memiliki warna punggung yang menampilkan kesan artistik dengan pola dan gradasi warna. Ponsel yang dicoba Okezone kali ini menampilkan warna biru keunguan atau yang disebut realme dengan warna Sparkling Blue

Selanjutnya pada bagian kiri ponsel, hadir tombol volume dan slot nano SIM. Pada bagian kanan terdapat tombol power. Pada bagian bawah tersemat speaker, USB Type C, serta jack audio 3,5 mm.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Menjajal Kamera realme 5 Pro

Fitur kamera pada realme 5 Pro tampaknya menjadi salah satu unggulan. Pasalnya, ponsel dilengkapi dengan fitur empat kamera belakang, yang dijuluki dengan Quad Camera SpeedMaster.

Kamera utama ponsel bahkan mengusung kekuatan 48MP Sony IMX586 Quad-Bayer pixel four-in-one. Ada juga ultra wide angle 8MP, depth sensor 2MP, dan macro camera 2MP.

Saat Okezone menjajal kamera belakang, kamera utamanya memiliki kualitas yang bagus dan kamera ultra-wide mampu mengambil pemandangan lebih luas. Selain itu, dengan pengaktifan Chroma Boost juga mampu meningkatkan kualitas warna pada gambar.

Sensor 1/2.0 inch, dan aperture besar f/1.7 disematkan pada kamera utama. Teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one memungkinkan pixel tunggal 1,6um dan menawarkan dasar perangkat keras yang baik dalam resolusi, toleransi, kinerja cahaya lemah dan lain-lain, hal ini memberikan dynamic range yang sangat baik dan detail gambar yang kaya.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

realme 5 Pro memiliki kamera wide-angle HD dengan piksel 8MP, apertur bidang pandang ultra lebar f/2.25 dan 119 °. Saat mengambil foto lanskap, bangunan, dan foto grup banyak orang, Anda tidak perlu mundur. Anda dapat beralih ke mode ultra-wide angle hanya dengan satu klik. Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang dikustomisasi oleh realme mampu memulihkan distorsi titik kesalahan pada foto ultra-wide angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan.

realme 5 Pro menghadirkan lensa ultra makro dengan aperture f/2.4 dan piksel 1,75 μm. Dengan rentang fokus 4cm, Anda dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail dalam kehidupan.

Kamera utama dibantu oleh fitur lensa warna hitam dan putih, memberikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar. Dalam mode Potret, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik.

Untuk kamera selfie, realme 5 Pro mempercayakannya pada sensor Sony IMX471 16MP. Dengan bukaan lensa f/2.0 dan lensa 5P konsentrasi tinggi serta mendukung Quad Bayer smart pixel 4-in-1 technology yang dapat mensintesis 2μm piksel besar untuk kinerja selfie yang sangat baik di lingkungan rendah cahaya. Warna kulit dalam gambar tetap alami dan detailnya sangat dipulihkan. Selain itu, stabilisasi gambar dari perekaman video kamera depan lebih baik, dan mode nightscape akan didukung melalui OTA nanti.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Realme menambahkan algoritma AI Beauty untuk secara akurat mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto melalui 296 titik pengenalan wajah, memberikan 8 juta efek kecantikan untuk kelompok yang berbeda orang. Algoritma ini juga dapat mempelajari sendiri kebiasaan mengedit pengguna dari album lokal, sehingga dapat terus mengoptimalkan fungsi kamera, dan memberi pengguna pengalaman selfie yang dipersonalisasi.

Mengulik Performa dan Baterai

Untuk mengetahui performa ponsel, Okezone mengunduh aplikasi Benchmark AnTuTu v7.2.3. Saat diuji, realme 5 Pro mendapatkan skor 181.315. Ponsel ini jauh mengungguli Redmi Note 7 Pro dan Samsung A70.

Okezone juga menjajal ponsel untuk bermain game dengan Mobile Legends: Bang Bang. Lengkungan pada ujung atas-bawah membantu kenyamanan saat bermain.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Selain itu, konfigurasi ponsel juga mendukung permainan dengan baik. Tidak ditemukan lag serta grafisnya pun cukup baik. Untuk diketahui, ponsel dikemas dengan prosesor Snapdragon 712 AIE dan RAM 8GB. Dengan demikian, ponsel juga mendukung game berat seperti PUBG Mobile.

Untuk baterai, ponsel ini cukup awet dengan daya 4035 mAh. Menariknya ponsel juga dilengkapi dengan fast charging VOOC Flash Charge 3.0 20W.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Okezone mencoba mengisi daya, ponsel mampu mengisi daya sekira 50 persen dalam waktu sekitar 30 menit. Sehingga pengisian penuh 100 persen tampaknya hanya membutuhkan waktu 1 jam. Biasanya pada ponsel yang tidak dilengkapi fast charging, pengisian daya 100 persen mencapai dua hingga tiga jam.

Kesimpulan

Tak salah jika realme menyematkan julukan “Quad Camera SpeedMaster” untuk realme 5 Pro ini karena memang juara dalam hal kinerja prosesor yang didukung oleh pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20W dan ditunjang oleh fitur fotografi kekinian dengan jumlah empat kamera dan tambahan lensa sudut lebar.

Kesemuanya itu dirangkum dalam harga yang tergolong murah dengan spesifikasi sekelas flagship. realme 5 Pro wajib masuk ke dalam daftar rekomendasi bagi Anda yang ingin mengganti smartphone Android dan mengutamakan prinsip “price to value” karena memang direntang harga Rp3 jutaan smartphone ini tergolong lengkap fiturnya.

 realme akhirnya resmi membawa ponsel terbarunya realme 5 dan realme 5 Pro di Indonesia pada 19 September 2019.

Berikut spesifikasi lengkap realme 5 Pro.

Layar: 6,3 inci IPS LCD

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 712 AIE

GPU: Adreno 616

RAM: 8GB

Memori Internal: 128 GB

Baterai: 4035 mAh

Sistem Operasi: Android 9, Colour OS 6.0

Kamera belakang: Kamera utama 48MP, Ultra Wide Angle 8MP, macro camera 2MP, depth sensor 2MP

Kamera depan: 16MP

Warna: Sparkling Blue

Konektivitas: 4G LTE

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini