Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Tokopedia Cabut Produk Rokok dan Rokok Elektrik

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 207 2107176 ini-alasan-tokopedia-cabut-produk-rokok-dan-rokok-elektrik-ksHqTo7tVA.jpg Ilustrasi (Foto: ABC Science)

JAKARTA- Tokopedia akan menarik penjualan produk tembakau, rokok elektrik, dan turunannya pada aplikasi berbasis Android. Hal tersebut disampaikan pada pemberitahuan di aplikasi.

"Mulai 19 September 2019, produk tembakau, rokok elektrik, dan turunannya tidak lagi bisa dimunculkan pada seluruh aplikasi Android termasuk Tokopedia versi Android," tulis Tokopedia. 

Meskipun demikian, pembeli masih bisa melakukan pencarian produk tembakau, rokok elektrik, dan turunannya melalui Tokopedia versi mobile site, iOS, dan desktop. 

Dikonfirmasi lebih lanjut, VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan hal tersebut berdasarkan kebijakan global terbaru dari Google Play yang turut melarang aplikasi dalam memfasilitasi penjualan produk turunan tembakau dan cairan vape.

"Tokopedia telah mengambil langkah untuk mengupayakan agar produk turunan tembakau ini, tidak akan lagi dapat ditemukan dalam aplikasi Tokopedia di platform Android," kata Nuraini dalam pernyataan resminya, Jumat (20/9/2019).

 Tokopedia Cabut Produk Rokok dan Rokok Eletrik dari Platform

Baca Juga: Kisah Bos Tokopedia, Semangat 'Bambu Runcing' Menapaki Bisnis E-Commerce

Nuraini mengungkapkan jika Tokopedia bersifat user generated content (UGC), di mana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.

"UGC sangat bermanfaat dan memberikan kemudahaan bagi para penjual termasuk kreator lokal, namun harus kami sertai dengan aksi-aksi proaktif untuk menjaga norma dan menegakkan hukum yang berlaku," kata Nuraini.

Dia juga mengatakan tim Tokopedia secara berkala memantau produk-produk di platform dan menindak produk-produk yang melanggar aturan penggunaan platform Tokopedia dan hukum yang berlaku di Indonesia sesuai prosedur.

"Kami juga memiliki fitur Pelaporan Penyalahgunaan di mana masyarakat dapat melaporkan produk yang melanggar, baik aturan penggunaan platform Tokopedia maupun hukum yang berlaku di Indonesia," pungkas Nuraini.

Baca Juga: Kebocoran Data Seperti Apa yang Terjadi pada Data Penumpang Lion Air?

Baca Juga: Game GTA: San Andreas Bisa Dimainkan Gratis di PC, Ini Syaratnya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini