Harga iPhone Turun hingga 50 Persen dalam Waktu 3 Tahun

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 57 2107423 harga-iphone-turun-hingga-50-persen-dalam-waktu-3-tahun-VokgOjPnXx.jpg iPhone (Foto: Livemint)

JAKARTA- iPhone memang selalu dikenal sebagai ponsel premium yang dibanderol dengan harga yang tidak murah. Bahkan harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

Namun, ponsel ini masih diburu oleh beberapa pengguna yang ingin meng-upgrade ke iPhone terbaru. Tak hanya itu, peluncuran iPhone terbaru juga biasanya menjadi momen bagi pengguna untuk membeli model iPhone yang lebih lama. Hal tersebut lantaran model iPhone yang lebih lama akan memiliki penurunan harga.

Studi Tentang Penurunan Harga iPhone

Baca Juga: Apple Resmi Umumkan Tanggal Peluncuran iPhone 11

iPrice pun melalukan studi mengenai penurunan harga iPhone, terutama untuk model iPhone 7,8, X, dan XS. Seperti diketahui model terbaru iPhone saat ini yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 pro Max yang diluncurkan pada 11 September 2019.

Menurut iPrice, untuk mendapatkan iPhone dengan harga hampir setengah dari harga aslinya, pengguna harus menunggu 3 tahun sejak perilisannya. Penurunan ini didukung dengan data bahwa iPhone 7 harganya menurun 55 persen sejak pertama kali diliris. iPhone 7 dirilis pada 2016.

Lebih lanjut, harga iPhone akan menurun 6 bulan setelah rilis, rataan penurunan sekitar 5 persen. Sementara itu untuk waktu 12 bulan, harga iPhone akan turun sekira 16 persen.

Dari studi iPrice juga terungkap iPhone X merupakan model iPhone dengan penurunan yang paling signifikan. Dalam 6 bulan pertama penurunannya sampai 11 persen dan setelah 12 bulan penurunan sampai ke angka 27 persen.

Studi Tentang Penurunan Harga iPhone

Baca Juga: FCC Bakal Selidiki Laporan Radiasi Ponsel iPhone

"Ini terjadi karena Apple menghentikan produksi dari iPhone X setelah setahun rilis dan mereka fokus memproduksi iPhone XS. Jika melihat tren dari penurunan harga ini, ada kemungkinan iPhone 11 akan 'lebih' terjangkau setelah 6 bulan rilis. Setelah 3 tahun, penurunan akan menajdi 55% dari harga asli ketika rilis," ungkap iPrice dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut, model yang digunakan untuk studi iPrice ini yakni iPhone tipe flagship berwarna silver dengan kapasitas memori 256 GB.

Baca Juga: iPhone Generasi Terbaru Bakal Dukung 5G di 2020?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini