Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Data Pribadi, Facebook Klaim Blokir Puluhan Ribu Aplikasi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 22 207 2107863 jaga-data-pribadi-facebook-klaim-blokir-puluhan-ribu-aplikasi-TvID8h58vu.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA - Facebook pernah tersandung dalam kasus keamanan data pribadi penggunanya. Perusahaan mendapatkan sorotan terkait bagaimana menjaga keamanan informasi atau data pribadi para pengguna.

Dalam sebuah posting-an blog, Facebook mengklaim menangguhkan puluhan ribu aplikasi. Dikutip dari Marketwatch, selama lebih dari setahun, Facebook menangguhkan puluhan ribu aplikasi dari sekira 400 pengembang yang secara tidak layak memasukkan informasi pribadi penggunanya.

Aplikasi tersebut dilarang karena “berbagi data secara tidak tepat yang diperoleh dari kami, membuat data tersedia untuk umum tanpa melindungi identitas orang atau hal lain yang jelas-jelas melanggar kebijakan kami,” kata Facebook.

Pengakuan perusahaan datang pada hari yang sama dengan pengajuan pengadilan yang mengungkapkan Facebook telah menangguhkan 69.000 aplikasi.

 Facebook pernah tersandung dalam kasus keamanan data pribadi penggunanya.

Baca juga: Samsung Minta Pengguna Hati-Hati Gunakan Galaxy Fold

Kasus ini berasal dari penyelidikan yang dimulai pada Maret 2018 setelah pengungkapan bahwa konsultan Inggris Cambridge Analytica mengakses data 87 juta pengguna Facebook tanpa izin. Akses puluhan juta pengguna Facebook ini kabarnya untuk membantu Donald J. Trump dalam kampanye presiden 2016.

Facebook mengatakan telah melihat jutaan aplikasi sejauh ini dalam penyelidikan yang sedang berlangsung. Pada Agustus 2018, perusahaan dikatakan menangguhkan 400 aplikasi.

Pengungkapan tentang penangguhan aplikasi berskala besar memperbaharui pertanyaan tentang bagaimana Facebook dan perusahaan teknologi besar lainnya menangani informasi pribadi. Menjadi pertanyaan pula bagaimana data itu mendorong kekuatan pemasaran mereka yang besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini