Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

800 Startup dan Komunitas Siap Bantu Daerah Tertinggal

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 23 September 2019 10:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 207 2108074 800-startup-dan-komunitas-siap-bantu-daerah-tertinggal-0L9VEiZt7w.jpg

Kini, telah ada lebih dari 800 startup dan komunitas yang berasal dari 34 provinsi Indonesia yang mendaftar pada program Dayamaya. Program dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo ini memberikan fasilitas barang dan jasa untuk membantu pengembangan inisiatif yang dapat menggerakkan perekonomian digital di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3 T).

Dari 7 sektor fokus yang ada, pendidikan (24%) dan kesehatan (16%) adalah sektor dengan jumlah pendaftar tertinggi. Nantinya, Dayamaya akan memilih 30 inisiatif yang akan diberikan fasilitas berupa barang/jasa senilai 100 hingga 300 juta rupiah. Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk pengembangan SDM, eksekusi riset pasar, infrastruktur teknologi, hingga sosialisasi dan pemasaran.

“Fokus utama dari program ini adalah memastikan solusi yang dibuat oleh startup dan komunitas ini memang menjawab permasalahan nyata yang ada di masyarakat. Maka dari itu, Dayamaya akan memfasilitasi startup dan komunitas terpilih untuk melakukan riset lapangan langsung ke daerah 3T yang dituju," ujar Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah BAKTI Kominfo, Danny Januar Ismawan, di Jakarta, Sabtu (21/09/2019).

Sebelum riset lapangan, peserta diberikan workshop selama 5 hari untuk persiapan, yaitu Design Thinking, Cultural Orientation Training, Participatory Action Research Training, hingga Objective and Key Results (OKR) Training. Setelahnya, peserta akan mendapatkan mentoring dari praktisi dalam pengimplementasian fasilitas dan pengembangan inisiatif produk/jasa.

Pendaftaran program Dayamaya dilakukan secara online melalui portal penggerak.dayamaya.id dan ditutup pada 30 September 2019. Info selengkapnya silakan mengunjungi website dayamaya.id dan www.baktikominfo.id, email: dayamaya@baktikominfo.id atau Instagram @dayamaya.id.

Dayamaya adalah sebuah program inisiatif untuk membantu pertumbuhan startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital dari daerah 3T atau luar daerah 3T untuk diterapkan pada lokasi 3T dengan bantuan fasilitas berupa: pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi & pemasaran.

Tim Dayamaya yakin kini kesempatan untuk penghidupan yang lebih baik tidak hanya berputar di kota besar. Dengan internet, kita merdeka dalam berkarya. Membangun bangsa bisa di mana saja, dimulai dari berdaya di dunia maya.

Dayamaya memiliki visi untuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia, khususnya di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis bagi kesejahteraan masyarakat.

Seleksi Dayamaya terbuka dan dapat diikuti oleh startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital yang diutamakan memiliki fokus pada sektor kesehatan, pendidikan, agribisnis, pariwisata, fintech, dan logistik, selama tidak sedang mendapatkan bantuan lain dari pemerintah.

Ada dua tahapan seleksi yang dilakukan, yaitu seleksi administrasi berdasarkan dokumen yang kamu unggah dan seleksi interview yang dilakukan setelah kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Berikut adalah beberapa contoh persyaratan yang harus dipenuhi:

Menjalankan kegiatan sebelum pengajuan proposal minimal 6 (enam) bulan sampai dengan 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan foto/video pendek, dan rencana kegiatan yang berkelanjutan minimal 2 (dua) tahun ke depan sejak tahun proposal diajukan;

Mengajukan proposal detil, spesifikasi teknis, rencana anggaran biaya dan dokumen lain yang dipersyaratkan;

Selengkapnya tentang syarat dan ketentuan dalam mengajukan proposal, silakan pelajari dalam bit.ly/guide-dayama

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini