Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canggih, Drone Otomatis Ini Dilengkapi Pistol Paku

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 207 2108201 canggih-drone-otomatis-ini-dilengkapi-pistol-paku-NREbSXp2tn.jpg (Foto: Techeblog)

JAKARTA - Peneliti University of Michigan (UM) melengkapi drone otomatis dengan pistol paku (nail gun) untuk memperbaiki atap rumah. Mengandalkan DJI S1000 Octocopter, peneliti menempatkan beberapa kamera dan penanda untuk memudahkan drone melakukan tugasnya.

Dilansir Techeblog, sakelar virtual diprogram sehingga drone secara otomatis menarik pelatuk pistol paku ketika dalam posisi yang benar. Aksi drone dengan pistol paku ini diunggah ke situs berbagi video, YouTube.

Ini tampaknya hanya sebuah percobaan untuk menguji drone ketika melakukan tugas menggantikan pekerjaan manusia. Kabarnya, drone ini hanya mampu beroperasi selama 10 menit.

Baca juga: Harga iPhone Turun hingga 50 Persen dalam Waktu 3 Tahun

Perangkat lunak yang digunakan adalah versi modifikasi dari Ardupilot (APM) yang berjalan pada komputer Linux single-board BeagleBone Blue yang tertanam.

"Akan sangat mudah untuk memiliki sistem kamera yang dipasang pada octocopter yang memahami orientasi shingle dan posisinya," kata Ella Atkins, seorang profesor teknik dirgantara dan robotika.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini