Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hingga Suasana Kondusif, Pemerintah Batasi Layanan Data di Wamena

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 09:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 24 207 2108531 hingga-suasana-kondusif-pemerintah-batasi-layanan-data-di-wamena-7pdXxEOshf.jpg Aksi pembakaran di kerusuhan Wamena, Senin (23/9/2019). Foto : Chanry/MNC Media

Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Wamena setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan sementara layanan data telekomunikasi di wilayah Kabupaten Wamena, mulai Senin (23/9/2019) Pukul 12:30 WIT hingga suasana kembali kondusif dan normal.

Demikian disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui siaran pers yang disampaikan Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, di Jakarta, Senin (23/9/2019).

"Masyarakat tetap bisa berkomunikasi menggunakan layanan suara/voice dan pesan singkat/SMS,"kata Setu dalam rilisnya.

Pemerintah kembali mengimbau untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena cepat berlangsung.

Kerusuhan pecah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua pada Senin 23 September 2019. Dalam insiden itu, sebanyak 16 orang warga sipil meninggal dunia diduga karena terjebak di dalam gedung yang dibakar.

Kapendam XVII/Cendrawasih Letkol Cpl Eko Daryanto mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi tersebut. Hingga kini jumlah warga yang tewas berjumlah 16 orang. Jika ada perkembangan akan dikabarkan kemudian.

"Iya sementara kita dapat 16 meninggal dunia masyarakat di Wamena," kata Eko saat dihubungi wartawan.

Eko mendapat informasi sebagian warga sipil yang meninggal dunia akibat terjebak di dalam gedung yang dibakar massa saat kerusuhan berlangsung. Sedangkan sebagiannya lagi sedang dalam proses identifikasi.

"Ada sebagian dari lapangan informasi terjebak gedung yang dibakar. Sebagian kejebak dalam gedung ruko, kios yang dibakar, sebagian lagi masih identifikasi lapangan," tuturnya.

Saat ini kata Eko, kondisi keamanan di Wamena sudah berangsur kondusif. Namun aparat gabungan masih bersiaga di lokasi untuk mengantisipasi bila ada aksi susulan. Sementara itu, sambung dia, korban tewas sedang dalam proses evakuasi dan identifikasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini