5 Tips Menangkap Foto Sunset dari Kamera Smartphone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 25 57 2109081 5-tips-menangkap-foto-sunset-dari-kamera-smartphone-jogpvvQECO.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Menangkap momen sunset atau matahari tenggelam tampaknya menjadi hal yang wajib ketika Anda berada di pantai dan Anda senang dengan dunia fotografi. Pasalnya momen tersebut mampu menghasilkan foto landscape yang elok dengan cahaya keemasan.

Tak harus menggunakan kamera profesional, menangkap momen tersebut saat ini juga bisa menggunakan smartphone. Smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai mode. Misalnya mode pro, di mana pengguna bisa mengatur iso dan bukaan lensa.

Kali ini Okezone akan memberikan beberapa tips untuk mengambil foto sunset dengan kamera smartphone.

1. Menggunakan Mode Pro

Smartphone kebanyakan sekarang ini memiliki mode pro, di mana pengguna bisa mengatur pencahayaan dan bukaan lensa. Mode ini juga bisa menjadi alternatif bagi pengguna kamera profesional atau digital untuk mengambil gambar dengan ponsel.

 Tak harus menggunakan kamera profesional, menangkap foto sunset bisa menggunakan kamera smartphone.

Baca juga: Intip Hasil Tangkapan realme 5 Pro Abadikan Sunset di Sumba Timur

2. Menggunakan Wide Angle atau Telepoto

Smartphone saat ini biasanya dilengkapi dengan kamera lebih dari satu. Salah satu fungsi kamera yakni wide angle atau sudut lebar. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengambil momen sunset saat di pantai, bukit, gunung, atau pemandangan alam lain.

Dengan fitur ini, mampu mengambil momen sunset dengan lebih luas. Pengguna juga bisa menggunakan lensa telepoto yang ada pada smartphone sekarang ini. Lensa telepoto mampu mendapatkan detail sunset lebih dekat.

 Tak harus menggunakan kamera profesional, menangkap foto sunset bisa menggunakan kamera smartphone.

Baca juga: Ponsel BM Rugikan Negara Rp2,8 Triliun per Tahun hingga Ancam Keamanan Nasional

3. Foto Berulang dan Jangan Lengah

Momen matahari terbenam biasanya juga sangat cepat, biasanya tidak terasa matahari telah hilang saat akan difoto. Tipsnya, cobalah foto berulang saat momen akan berlangsung. Foto berulang yang dimaksud yakni mengambil foto dengan beberapa kali klik. Setelah itu Anda bisa memilih mana foto terbaik.

4. Manfaatkan Golden Hour untuk Foto Potrait

Tidak hanya mengambil momen matahari terbenam saja. Golden Hour yang terjadi sekira pukul 17.30 hingga 18.30 dapat dijadikan momen untuk mengambil gambar diri atau potrait.

Foto Anda akan sangat epic dengan paduan warna keemasan, cahaya biru, dan pemandangan alam.

5. Foto Siluet

Setelah momen matahari tenggelam biasanya juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto siluet. Tipsnya saat ingin mengambil foto ini pengguna harus mengatur pencahayaan melalui mode pro. Pastinya jangan menggunakan flash.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini