Ini Solusi yang Diciptakan Pemenang IoT Makers Creation 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 207 2109595 ini-solusi-yang-diciptakan-pemenang-iot-makers-creation-2019-CChWjtSxtj.jpg (Foto: freeCodeCamp)

JAKARTA - IoT Makers Creation 2019 telah digelar dan menetapkan tiga pemenang. Untuk mengenal lebih jauh dengan tiga pemenang IoT Makers Creation 2019, berikut solusi yang diberikan oleh ketiga pemenang.

Pertama Elco_Thunder yang beranggotakan tiga orang Muhammad Arif Ramdani, Tedy Apriadi, dan Mochammad Fadillah yang membuat prototype mesin X-Shrimp. Alat ini sebagai sistem monitoring dan kontrol kualitas air tambak udang berbasis IoT.

Solusi yang ditawarkan Elco_Thunder diharapkan dapat menaikkan survival rate udang hingga mencapai 95% dari sebelumnya di bawah 75%, serta menurunkan biaya listrik hingga 20%, sehingga hasil panen udang mencapai hasil maksimal.

Dengan monitoring dan kontrol yang baik diharapkan minat petani dalam bertambak udang meningkat, sehingga bisa memanfaatkan lahan yang tersedia dan membuka lapangan pekerjaan.

Elco_Thunder menawarkan solusinya dalam empat skema bisnis, yaitu revenue share, new revenue, profesional service, dan big data.

 IoT Makers Creation 2019 telah digelar dan menetapkan tiga pemenang.

Baca juga: Tanpa Layanan Google, Huawei Mate 30 Akan Masuk Indonesia

Kemudian, Rene_Team yang beranggotakan Luthfansyah Mohammad, Miftah A Choiri, dan Kisron yang mengembangkan Roof.inno, sebuah perangkat teknologi di bidang energi terbarukan yang smart, efisien, dan user friendly.

Secara garis besar, produk ini mampu menghasilkan keluaran daya listrik optimal, monitoring dan manajemen energi yang baik, serta adanya fitur pendeteksian dini jika terjadi kerusakan pada sistem.

Roof.inno dibangun dari paket produk yang terdiri atas panel surya, konverter listrik, baterai, dan kotak kontrol kelistrikan.

Terakhir, Klik Ternak beranggotakan Yogi Putra Pratama, Fiannurdin, Faruq yang mengembangkan teknologi di bidang peternakan di indonesia, khususnya pada peternakan sapi perah.

Permasalahan di Indonesia saat ini adalah besarnya impor susu sapi segar, kurang pengetahuan dari peternak tentang penyakit sapi perah, dan minimnya pemanfaatan.

Seecow sebagai salah satu produk Klik Ternak hadir sebagai solusi permasalahan untuk membantu peternak dalam melakukan manajemen kesehatan sapi perah mulai dari pemantauan kesehatan secara realtime hingga diagnosa dini terhadap penyakit.

 Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) mengumumkan pemenang program IoT Makers Creation 2019.

Baca juga: IoT Makers Creation 2019 Dorong Talenta Lokal di Bidang IoT

Diharapkan dengan Seecow, peternak bisa melakukan manajemen kesehatan dalam genggaman.

Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia mengatakan kemampuan menganalisis dan mengembangkan solusi yang dapat menjawab permasalahan serta memberikan dampak nyata pada masyarakat maupun industri menjadi keunggulan makers lokal di bidang IoT.

“Masyarakat dan industri setempat perlu lebih banyak opsi baik dari sisi jenis ragam solusi maupun harga yang bisa dipilih. Tentu saja, solusi tersebut harus bisa memberikan nilai tambah yang signifikan baik dari sisi efisiensi kinerja dan biaya, peningkatan produktivitas maupun pendapatnya," kata Teguh.

Teguh menambahkan masyarakat dan industri saat ini mencari solusi IoT yang tepat guna dan bisa langsung diaplikasikan. Bagaimana para makers mencari idenya, bisa berangkat dari menjawab berbagai permasalahan serta menggali peningkatan pola hidup.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini