Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Synnex Metrodata Hadirkan Solusi Edukasi di Bidang Keamanan Siber

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 207 2110034 synnex-metrodata-hadirkan-solusi-edukasi-di-bidang-keamanan-siber-38aRqHtmEK.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk di bidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) mengumumkan kemitraan strategik dalam penyediaan solusi sertifikasi keamanan siber. Perusahaan bekerjasama dengan International Council of E-Commerce Consultants (“EC-Council”).

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, berkantor pusat di Amerika Serikat (AS), EC-Council menunjuk SMI sebagai Exclusive Distributor untuk memperluas pengembangan pendidikan dan sertifikasi profesi di bidang Cyber Security.

EC-Council memiliki board member dari berbagai industri sebagai subject matter expert dalam pengembangan kurikulum e-business dan information security skills dan juga sertifikasi standar dari American Standard Insitute serta dukungan salah satunya dari Department of Defense USA dan CNSS - NSA USA.

Keamanan siber merupakan proses yang meliputi people, technology dan process. Untuk menerapkannya, diperlukan upaya dari semua pemangku kepentingan.

Dalam era Digital Teknologi di mana data sudah menjadi aset perusahaan dan semakin kompleks, keamanan siber merupakan hal penting dan harus diterapkan. Serangan siber seringkali dirancang menjadi lebih rumit dipecahkan dan terorganisir untuk menyerang korporasi besar.

 PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mengumumkan kemitraan strategik dalam penyediaan solusi sertifikasi keamanan siber.

Baca juga: Setelah Instagram, Facebook Uji Coba Sembunyikan Jumlah Like

Semua jenis tindakan serangan siber dilakukan dengan sengaja untuk mengganggu kerahasiaan (confidentially), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi. Keamanan siber dirancang guna melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan siber.

Hal ini penting dilakukan agar perusahaan memahami serta mengurangi risiko dengan melindungi seluruh informasi dan data yang merupakan aset terbesar perusahaan. Keamanan siber yang gagal diterapkan akan mengakibatkan masalah fatal jika data berpindah ke pihak lain.

Diversifikasi portofolio produk yang dilakukan SMI merupakan salah satu terobosan baru dibidang pendidikan dalam pengembangan SDM yang terampil dan bersertifikasi khususnya di bidang keamanan siber.

“Saat ini SMI merasa bahwa keahlian keamanan siber di Indonesia masih sangat minim, oleh karena itu diperlukan tenaga terampil dan bersertifikasi khusus di bidang keamanan siber. Hal ini sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi seperti IoT, AI dan 5G, sehingga SMI turut berkontribusi dalam mempersiapkan Indonesia Maju dengan SDM yang unggul,” ujar Lie Heng, Direktur Solusi PT Synnex Metrodata Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini