Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo Buka Akses Layanan Internet di Wamena

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 17:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 28 207 2110479 kominfo-buka-akses-layanan-internet-di-wamena-91QROirNIj.jpg Ilustrasi (Foto: ARN)

JAKARTA- Layanan internet di seluruh wilayah Papua kembali normal. Pemerintah telah membuka kembali akses internet di Kabupaten Wamena, Provinsi Papua, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu pemulihan internet telah dilakukan mulai pukul 09.00 WIT. Ferdinandus juga mengatakan layanan dibuka setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena telah pulih dan normal berdasarkan koordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.

Sebelunnya, pemerintah melakukan pembatasan layanan data internet di Kabupten Wamena pada 23 September 2019. Hal tersebut dilakukan setelah terjadi aksi unjuk rasa dan kerusuhan massa di wilayah tersebut yang dipicu oleh distribusi informasi hoaks, kabar bohong dan ujaran kebencian.

 Kominfo Buka Kembali Akses Internet di Wamena

"Pembukaan kembali layanan data internet juga dilakukan di 15 persen titik/sites Kota Jayapura yang masih dilakukan pembatasan ketika sebagian besar wilayah lainnya telah dibuka pada 13 September 2019. Dengan demikian seluruh layanan telekomunikasi dan internet di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 13 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat telah berfungsi normal seperti semula," kata Ferdinandus dalam keterangan resminya.

"Pemerintah mengimbau semua warga untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial di internet. Agar situasi dan kondisi keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang telah kondusif dan pulih tetap terjaga," pungkas Ferdinandus.

Baca Juga: Jaga Privasi, Pengguna Internet Dituntut Memiliki DQ Setelah IQ dan EQ

Baca Juga: Pemerintah Matikan Sinyal Internet Viral di WhatsApp, Kominfo Pastikan Hoaks

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini