Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Berencana Bikin Teleskop Rp8,5 Triliun untuk Deteksi Asteroid

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 16:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 28 56 2110464 nasa-berencana-bikin-teleskop-rp8-5-triliun-untuk-deteksi-asteroid-9epHzzUyJU.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

JAKARTA- Badan Antariksa Amerika NASA berencana untuk membuat teleskop luar angkasa dengan biaya USD600 juta atau Rp8,5 triliun. Teleskop tersebut akan digunakan untuk mendeteksi asteroid di jalur tabrakan dengan Bumi.

Dilansir dari laman Express, Sabtu (28/9/2019) NASA mengumumkan rencana tersebut setelah sebuah asteroid, yang mampu menghancurkan sebuah kota hampir bertabrakan dengan Bumi dua bulan lalu. Parahnya, asteroid itu hanya terdeteksi sehari sebelum memasuki sekitar Bumi.

Menurut petugas pertahanan planet NASA, Lindley Johnson asteroid menyelinap tanpa diketahui karena keterbatasan jaringan survei.

NASA Bikin Teleskop Rp8,5 Triliun untuk Deteksi Asteroid

Selain itu, manajer Pusat Studi Dekat-Bumi NASA Paul Chodas mengatakan mengatakan objek ini lolos dari serangkaian jaring penangkapan kami.

Chodas menambahkan: "Saya ingin tahu berapa kali situasi ini terjadi tanpa asteroid ditemukan sama sekali."

NASA pun berharap teleskop baru mampu mendeteksi asteroid dari jarak yang lebih jauh. Teleskop baru akan didasarkan pada konsep sebelumnya, NEOCam yang awalnya diusulkan pada 2013.

Teleskop baru juga diharapkan meningkatkan tingkat penemuan asteroid sebesar 65 persen dalam lima tahun pertama, menurut NASA. Angka itu bisa meningkat menjadi sekitar 90 persen dalam satu dekade peluncurannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini