Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Temukan Kelompok Galaksi Paling Tua, Ini Gambarnya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 30 56 2111018 ilmuwan-temukan-kelompok-galaksi-paling-tua-ini-gambarnya-5GFGHmdEwj.jpg (Foto: NAOJ/Harikane et al)

JAKARTA - Ilmuwan menemukan kelompok galaksi yang disebut-sebut paling tua setelah fenomena Big Bang. Sebanyak 12 kelompok galaksi terbentuk ketika alam semesta berusia 800 juta tahun, seperti dikutip Theregister.

Sebuah tim global beranggotakan 36 ahli astrofisika dipimpin oleh National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) mempelajari data yang diambil dari Observatorium Keck dan Gemini dan Subaru Telescope di Hawaii dan Chile. Peneliti ini menemukan dua belas galaksi yang saling tertarik satu sama lain.

Peneliti memberikan kode nama z66OD, telah diklasifikasikan sebagai protocluster, sejenis struktur kosmik yang menggambarkan tahap awal sistem yang lebih besar yang dapat menarik lebih dari ratusan galaksi.

Ini adalah protocluster tertua yang terlihat. Temuan ini menegaskan bahwa struktur kompleks ini mulai terbentuk ketika alam semesta baru berusia 800 juta tahun.

 Ilmuwan menemukan kelompok galaksi yang disebut-sebut paling tua setelah fenomena Big Bang.

Baca juga: Ini Wujud SpaceX Starship yang Bakal Meluncur ke Mars

"Protocluster adalah sistem yang langka dan istimewa dengan kepadatan yang sangat tinggi, dan tidak mudah ditemukan," kata Yuichi Harikane, seorang peneliti di NAOJ yang memimpin penelitian yang akan diterbitkan dalam The Astrophysical Journal.

Bagaimanapun, protocluster berjarak 13 miliar tahun cahaya. "Untuk mengatasi masalah ini, kami menggunakan bidang pandang yang luas dari Teleskop Subaru untuk memetakan area langit yang luas dan melihat untuk protoclusters," tambahnya.

Z66OD terlihat ketika tim menemukan area di mana galaksi 15 kali lebih padat dari biasanya. Pengamatan lebih lanjut mengungkapkan bahwa lokasi tersebut mengandung jumlah bintang muda yang tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini