Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Air, Venus Miliaran Tahun Lalu Bisa Dihuni Makhluk Hidup?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 30 56 2111129 miliki-air-venus-miliaran-tahun-lalu-bisa-dihuni-makhluk-hidup-5xReGxOfHF.jpg Planet Venus (Foto: Nypost)

JAKARTA- Bumi menjadi satu-satunya planet di tata surya yang mendukung kehidupan. Namun, penelitian baru mengungkap bahwa Venus mungkin dapat dihuni selama beberapa miliaran tahun lalu.

Dilansir dari laman Nypost, Selasa (01/10/2019) penelitian tersebut dipresentasikan pada Kongres Ilmu Planet Eropa 2019 di Geneva Earth. Para peneliti mencatat bahwa Venus berpotensi memiliki suhu yang stabil dan memiliki sumber air selama 2 hingga 3 miliar tahun. Sampai transformasi besar planet terjadi pada 700 tahun lalu.

“Hipotesis kami adalah bahwa Venus mungkin memiliki iklim yang stabil selama miliaran tahun. Ada kemungkinan bahwa peristiwa pelapisan ulang dekat-global bertanggung jawab atas transformasi dari iklim seperti Bumi, ”kata Dr. Michael Way, salah satu peneliti.

 Miliki Air, Venus Miliaran Tahun Lalu Bisa Dihuni Makhluk Hidup

Baca Juga: Samsung Galaxy S11 Simpan Senjata Rahasia Hadapi iPhone 12

saat ini, Venus memiliki suhu permukaan 864 derajat Fahrenheit. Namun, Way menyebutkan dalam lima hasil para peneliti jalankan untuk studi, mereka menemukan bahwa Venus mampu mempertahankan suhu yang stabil antara minus 20 derajat Celcius (-4 derajat Fahrenheit) dan 50 derajat Celsius (122 derajat Fahrenheit) selama kurang lebih 3 miliar tahun.

Kemudian sesuatu yang misterius menyebabkan ledakan massal karbon dioksida di planet ini antara 700 juta dan 750 juta tahun yang lalu, suatu peristiwa yang diyakini Way dapat dikaitkan dengan aktivitas gunung berapi di planet ini.

"Sesuatu terjadi di Venus di mana sejumlah besar gas dilepaskan ke atmosfer dan tidak dapat diserap kembali oleh bebatuan," tambah Way.

“Di Bumi, kita memiliki beberapa contoh outgassing skala besar, misalnya, penciptaan Perangkap Siberia 500 juta tahun yang lalu yang terkait dengan kepunahan massal, tetapi tidak ada pada skala ini. Itu benar-benar mengubah Venus," kata dia.

Baca Juga: Pengguna Keluhkan Apple Watch Series 5 Boros Baterai

Baca Juga: WhatsApp Stop Dukungan iPhone dengan Versi iOS 8

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini