Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 10:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 02 207 2111834 goole-doodle-rayakan-hari-batik-nasional-lVYLiknwSW.jpg Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional (Foto: Google)

JAKARTA- Google merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati hari ini lewat Google Doodle, Rabu (2/10/2019). Google Doodle menampilkan batik yang didominasi warna biru dengan campuran warna oranye dan putih. Batik dibuat oleh seniman Lydia Nichols.

"Google Doodle hari ini merayakan dan dibuat menggunakan Batik, sebuah teknik untuk mendekorasi kain menggunakan lilin dan pigmen untuk menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni. Pengrajin batik menutupi kain dengan desain lilin, menambahkan pewarna, dan akhirnya menghapus lilin untuk mengungkapkan pola di bawahnya. Mengulangi proses dengan pewarna yang berbeda dapat menciptakan desain yang rumit dan berlapis-lapis untuk menghiasi tekstil dan pakaian," kata Google pada laman resminya.

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional

Baca Juga: Peta Lebih Besar, Developer Persiapkan Game GTA 6

Google mengungkapkan Indonesia telah dikenal dengan kerajinan Batik sejak abad ke-4 atau ke-5, dan telah dikatakan bahwa teknik dan desain pewarna batik Indonesia sama banyaknya dengan pulau-pulau di sekitarnya. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan desa dan kelompok etnis yang tersebar di berbagai pulau.

Lebih lanjut, Hari Batik Nasional ditetapkan pada 2 Oktober untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional, Indonesia!

Baca Juga: Headphone Dilengkapi Fitur Noise Cancelling, Amankah?

Baca Juga: Game Call of Duty: Mobile Bisa Diunduh di Android dan iOS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini