Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libatkan Anak Muda Cegah Hoaks, Hoaxplay Resmi Meluncur

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 03 207 2112559 libatkan-anak-muda-cegah-hoaks-hoaxplay-resmi-meluncur-vRzwc4NRH6.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Hoaks atau informasi yang tidak benar kini cepat menyebar di berbagai platform seperti media sosial, aplikasi chatting, dan YouTube.

Hoaxplay sebagai platform anti hoaks pun turut membantu anak-anak muda untuk memerangi hoaks dan menjadi pejuang anti hoaks. Hoaxplay meluncurkan website Hoaxplay.com pada hari ini, (3/10/2019) untuk mendorong anak muda aktif terlibat dalam mencegah dan merespon hoaks.

"Trend disinformasi semakin bergilir dan hoaks ada sebelum adanya media sosial. Informasi tersebut tersebar di platform digital. Kami pun membuat program anti hoaks ini yang menyasar anak Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga awal kuliah," kata Project Officer Hoaxplay.com, Nisrina Nadhifah dalam talkshow "Mencari Langkah untuk Merespon Hoax" di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Hoaxplay menurut Nisrina memang ditujukan untuk anak muda berusia 15 hingga 22 tahun. Dia sebelumnya mengambil sampel beberapa siswa dan mahasiswa di Depok.

"Banyak Insight menarik, salah satunya mereka menyebutkankalau hoaks banyak hadir di WhatsApp Grup keluarga. Selain itu, mereka punya lebih banyak inisiatif dan sumber informasi lintas platform, misal mereka mendapatkan informasi dari WhatsApp, mereka juga cari lewat Google dan YouTube. meskipun itu juga tidak faktual 100 persen," kata Nisrina.

 Hoaks atau informasi yang tidak benar kini cepat menyebar di berbagai platform.

Baca juga: Fujifilm Luncurkan Instax Mini Link, Bisa Cetak Foto dari Ponsel

Lebih lanjut, Hoaxplay.com memiliki lima materi atau langkah yang menjadi bekal untuk melawan hoaks, seperti melatih daya berpikir kritis, topologi informasi, teknik mendeteksi dan merespon hoaks, cara menyikapi hoaks yang beredar di lingkungannya, dan mengajak orang di sekitar untuk melawan hoaks.

Menariknya, Hoaxplay.com juga berisi beragam materi seperti audio-visual berupa permainan, video, dan info grafis, serta dilengkapi dengan bacaan dengan gaya populer untuk membantu anak muda memahami materi.

Hoaxplay.com dapat diakses secara gratis oleh pengguna dengan mendaftarkan diri di website.

Nisrina lebih lanjut juga mengatakan jika materi yang ada di Hoaxplay.com juga terbuka untuk menjadi bahan bagi komunitas untuk menyebarkan kampanye anti hoaks. Pihaknya juga berharap untuk menggandeng sebanyak-banyaknya stakeholder baik dari pemerintah, swasta, dan individu.

"Mereka dapat memanfaatkan semua materi yang ada dalam situs edukatif ini, agar dapat mendorong anak muda berpikir kritis, memahami disinformasi, memilih informasi, dan mau secara aktif mencegah hoaks yang tersebar," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini