Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temukan Kerentanan WhatsApp, Peneliti: Segera Perbarui Aplikasi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 14:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 05 207 2113261 temukan-kerentanan-whatsapp-peneliti-segera-perbarui-aplikasi-ZxWd5pSVmn.jpg Ilustrasi WhatsApp (Foto: Ist)

JAKARTA- Pengguna WhatsApp dianjurkan untuk memperbarui aplikasi. Seorang peneliti yang dijuluki Awakened telah menemukan celah pada WhatsApp yang memungkinkan hacker dapat mengakses file dan pesan pengguna melalui GIF.

Dilansir dari laman The Next Web, Sabtu (5/10/2019) menurut Awakened celah tersebut kabarnya berasal dari bug 'double free' di WhatsApp. Kerenataan ini menurut Awakened mengacu pada anomali korupsi memori yang dapat menyebabkan crash suatu aplikasi, atau bahkan lebih buruk.

Penyusup atau hacker melakukan serangan dengan membuat GIF berbahaya, dan menunggu pengguna membuka galeri WhatsApp.

Lebih lanjut peneliti menjelaskan kelemahan yang ada dalam implementasi tampilan Galeri WhatsApp, yang digunakan untuk menghasilkan pratinjau untuk gambar, video, dan GIF. Kerenataan ini kabarnya juga hanya menyerang pengguna Android 8 dan lebih tinggi.

Peneliti Temukan Celah di WhatsApp

Baca Juga: WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Boomerang dan Mode Gelap?

"Eksploitasi bekerja dengan baik untuk Android 8.1 dan 9.0, tetapi tidak bekerja untuk Android 8.0 dan di bawahnya. Di versi Android yang lebih lama, double-free masih bisa dipicu. Namun, aplikasi hanya crash sebelum mencapai titik bahwa kita bisa mengendalikan register PC," kata Awakened.

Peneliti telah memberi tahu Facebook tentang kekurangan ini, dan sejak itu perusahaan telah memperbaiki masalah ini. Untuk melindungi diri dari serangan tersebut , pengguna dianjurkan untuk mengunduh versi aplikasi terbaru.

“Facebook mengakui dan menambalnya secara resmi di WhatsApp versi 2.19.244. Pengguna WhatsApp, silakan lakukan pembaruan ke versi WhatsApp terbaru (2.19.244 atau lebih tinggi) untuk menghilangkan bug ini," kata peneliti.

Baca Juga: 2 Cara Membalas Pesan WhatsApp Tanpa Terlihat Online

Baca Juga: Ditemukan Kecacatan WhatsApp, Hacker Bisa Ubah Obrolan Pengguna

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini