Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Review Samsung Galaxy A50s, Ponsel Berfitur NFC dengan Triple Camera

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 57 2113685 review-samsung-galaxy-a50s-ponsel-berfitur-nfc-dengan-triple-camera-soRRojWqwr.jpeg Samsung Galaxy A50s (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA-  Samsung membawa pembaruan ponsel terbarunya Galaxy A50 yang diluncurkan pada Maret 2019. Upgrade Galaxy A50 diberi nama Galaxy A50s yang hadir di Indonesia pada September 2019.

Menariknya, ada beberapa peningkatan pada Samsung Galaxy A50s, seperti desain belakang yang lebih futuristik (futuristic holographic effect), sensor kamera lebih tinggi, dan penambahan fitur NFC. Okezone pun berkesempatan untuk menjajal ponsel, berikut ulasannya.

Tampilan

Dari sisi depan, ponsel memang tidak jauh berbeda dari pendahulunya Galaxy A50. Ponsel masih mengusung bezel tipis dan poni mini seperti huruf U. Poni disematkan kamera selfie dengan kekuatan lebih besar 32 MP. Selain itu ukurannya pun masih sama seperti Galaxy A50 yang mengusung ukuran 6,4 inci.

Kemudian, pada bagian kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol power yang juga berfungsi untuk tombol power. Sementara dibagian kiri terdapat slot untuk micro SD dan sim card. Pada bagian bawah ponsel terdapat lubang untuk usb type C, headphone jack 3,5 mm, dan speaker.

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Bagian belakang ponsel dibekali dengan tiga kamera yang dibungkus dalam modul vertikal dibagian kiri atas. Adapun kekuatan sensor kameranya yakni kamera utama 48MP, ultrawide angle 8MP, dan depth sensor 5MP. Serta terdapat flash pada bagian bawah kamera.

Lebih lanjut, ada juga lambang Samsung pada bagian tengah. Menariknya sudah tidak terlihat fingerprint pada ponsel. Samsung menerapkan fingerprint di layar serta terdapat face unlock.

 Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

 Baca Juga: Samsung Bakal Hadirkan Galaxy Tab S6 5G, Kapan Meluncur?

Kamera

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Okezone pun berkesempatan untuk menjajal kamera ponsel Galaxy A50s. Kamera belakang ponsel mampu menghasilkan gambar yang bagus saat foto outdoor maupun indoor. Untuk diketahui, Samsung menyematkan tiga kamera belakang pada ponsel ini. Bahkan kamera utamanya disematkan sensor 48 MP, sehingga hasil gambar masih jelas saat diperbesar. Dua kamera lainnya yakni ultra wide 8MP dan telepoto 5MP.

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Untuk kamera selfienya pun cukup bagus dan menghasilkan gambar yang natural. Namun, saat pengguna ingin menerapkan kamera selfie 'beauty'. Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur kecantikan untuk mencerahkan wajah. Selain itu foto selfie juga dapat diedit bokeh yang beragam dengan mengubah latar belakang setelah memotret.

Lebih lanjut, pada bagian kamera ponsel juga dibekali super steady untuk pengambilan video. Saat Okezone menjajalnya, hasil video jauh lebih baik dibandingkan dengan ponsel tanpa fitur super steady. Hasilnya tidak ada guna angan seperti menggunakan gimbal.

Performa

Okezone pun mencoba menguji performa ponsel dengan menginstal aplikasi AnTuTu. Hasil yang didapatkan yakni 153.738 skor AnTuTu. Menurut AnTuTu, dengan hasil skor tersebut Galaxy A50s menepati peringkat 42 lebih tinggi dari Oppo F11 dan Vivo V15.

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Sementara itu lebih rendah dari Redmi Note 7 Pro dan Realme X Lite. Untuk diketahui, kapasitas RAM dan memor internal yang dijajal Okezone yakni 6GB dan 128GB. Lebih lanjut, Okezone juga menjajal permainan dengan Mobile Legend. Adapun saat bermain, permainan cukup lancar dan tidak ada lag.

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Fitur

Adapun beberapa fitur yang disematkan pada ponsel ini yakni Near-field communication (NFC). Salah satu hal yang ditonjolkan Samsung untuk fitur ini yakni pembayaran. Fitur NFC memang mampu memudahkan pengecekan saldo kartu uang digital yang sering digunakan untuk pembayaran kereta dan tol. Dengan fitur NFC juga dapat digunakan untuk top up kartu tersebut.

Untuk mencoba fitur NFC, Okezone pun mendownload aplikasi Cek Saldo, kemudian menempelkan kartu uang diigital di belakang ponsel. Saldo kartu pun langsung muncul dan NFC bekerja dengan baik.

 Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Baterai

Baterai Galaxy A50s dibekali dengan kapasitas baterai 4.000 mAh yang diklaim memapu digunakan untuk penggunaan seharian. Selain itu, ponsel juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat dengan USB Type C. Saat mencoba melakukan pengisian daya memang cukup cepat.

Untuk mendapatkan kapasitas baterai 60 persen hanya membutuhkan waktu 60 persen. Sehingga untuk mendapatkan kapasitas baterai 100 persen, tidak akan memakan waktu lebih dari dua jam.

Review Samsung Galaxy A50s dengan Fitur NFC dan Tiga Kamera

Spesifikasi

Layar: 6,4 inci Corning Gorilla Glass 3

Prosesor: Exynos 9610

GPU: Mali-G72

RAM: 4GB/6GB

Memori Internal: 64GB/128GB

Kamera Belakang: 48MP, 8MP, dan 5MP

Kamera Depan: 32MP

Baterai: 4.000 mAh

Fitur: NFC, AI Game Booster, USB Type C

Harga: Rp4,099 juta (RAM4GB/64GB) atau Rp4,899 (RAM6GB/128GB).

Baca Juga: Bersaing dengan Ponsel Lokal, Samsung Tutup Pabrik di China

Baca Juga: Xiaomi Perluas Fitur NFC Secara Global di Mi Band 5?

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini