Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerai Ponsel Semakin Sepi Pengunjung, Ini Penyebabnya

Rais Erizam, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 07 57 2113893 gerai-ponsel-semakin-sepi-pengunjung-ini-penyebabnya-ItuDd2SNlI.jpg (Foto: Rais Erizam)

JAKARTA - Beberapa tahun belakangan ini, penjualan ponsel di toko fisik (offline) atau gerai ponsel di pusat perbelanjaan di Jakarta tampaknya semakin menurun. Hal ini dapat dilihat ketika aktivitas jual beli di pusat perbelanjaan Mall Buaran Plaza, Jakarta, sudah tidak diramaikan lagi oleh pembeli.

Okezone melakukan pantauan ke beberapa gerai ponsel di mall tersebut pada Selasa (1/10/2019), beberapa gerai ponsel terlihat sepi pembeli. Namun, ada juga yang dikunjungi pembeli tetapi jumlahnya dapat dihitung dengan jari.

Adapun konsumen yang mampir ke gerai ponsel tersebut, terlihat lebih banyak yang hanya bertanya-tanya. Selain itu ada juga beberapa konsumen yang hanya membeli pulsa dan aksesori untuk ponselnya.

 Beberapa tahun belakangan ini, penjualan ponsel di toko fisik (offline) di pusat perbelanjaan di Jakarta tampaknya semakin menurun.

Fenomena ini memunculkan pertanyaan mengapa gerai-gerai ponsel di mall menjadi sepi pengunjung. Semakin menjamurnya situs jual beli online tampaknya menjadi salah satu penyebab sepinya konsumen yang datang ke gerai ponsel di mall tersebut.

"Saat ini pasar ponsel memang agak lesu, selain itu penjualan ponsel lewat offline juga saat ini banyak yang berpindah ke media online, terutama pasar aksesori," ungkap Heru Sutadi, pengamat telekomunikasi kepada Okezone, Senin (7/10/2019).

Menurutnya, meski banyak yang berpindah ke pasar online, pasar-pasar offline juga masih tetap tersedia.

 Beberapa tahun belakangan ini, penjualan ponsel di toko fisik (offline) di pusat perbelanjaan di Jakarta tampaknya semakin menurun.

Baca juga: Oppo Reno 2 Segera Meluncur di Indonesia, Intip Spesifikasinya

Sementara itu, menurut salah satu konsumen yang ditemui di gerai atau toko offline, adanya transaksi jual beli online mempengaruhi berkurangnya konsumen yang datang ke toko fisik.

"Faktor jual beli online mempengaruhi berkurangnya konsumen yang datang langsung ke toko ponsel, khususnya para konsumen yang tidak mempunyai banyak waktu untuk datang langsung ke toko," ucap salah satu konsumen.

Menurutnya, harga ponsel yang ditawarkan di toko offline dan di toko online hampir sama, namun di toko online harga ponsel relatif lebih murah. Hal ini disebabkan adanya voucher potongan harga yang ditawarkan oleh aplikasi toko online.

 Beberapa tahun belakangan ini, penjualan ponsel di toko fisik (offline) di pusat perbelanjaan di Jakarta tampaknya semakin menurun.

Baca juga: 5 Penyebab Baterai Ponsel Anda Cepat Boros

Dengan adanya penjualan via toko online saat ini, banyak konsumen yang beralih ke toko online dan pastinya akan mengurangi jumlah konsumen yang datang langsung ke toko offline.

"Tapi ini bukan berarti jumlah orang yang datang ke toko offline menjadi tidak ada, sebab orang-orang yang mempunyai waktu lebih banyak dan orang yang tidak mau mengambil risiko pasti akan lebih memilih untuk datang ke toko untuk melihat fisik dari barang yang akan ia beli," tambah konsumen.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa konsumen sangat membutuhkan kepastian dari penjual dan tidak mau mengambil risiko atas barang yang ingin ia beli.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini