Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fitur Baru Instagram Cegah Pengguna Jadi Korban Phising

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 13:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 207 2114223 fitur-baru-instagram-cegah-pengguna-jadi-korban-phising-WYr3vji2Hv.jpg (Foto: Time)

JAKARTA - Praktik kejahatan siber dengan menggunakan email atau yang dikenal phising masih sering ditemukan. Penipu menggunakan email untuk menyamar sebagai teman, rekan kerja dan merek besar untuk mendapatkan informasi pribadi dan kata sandi seseorang.

Untuk melawan kejahatan siber tersebut, Instagram menambahkan fitur keamanan baru. Instagram menambahkan daftar email resmi yang telah dikirim perusahaan ke tab keamanan aplikasi, sehingga pengguna dapat mengecek apakah email yang mereka terima berasal dari perusahaan atau scammer.

Dilansir dari laman Engadget, Selasa (8/10/2019) daftar tersebut menampilkan email terkait keamanan yang telah dikirim Instagram dalam dua minggu terakhir. Tab sekunder mencantumkan email yang tidak terkait keamanan, seperti pengumuman tentang fitur baru atau pemberitahuan pesan langsung. 

 Instagram menambahkan daftar email resmi yang telah dikirim perusahaan ke tab keamanan aplikasi.

Baca juga: CEO Apple Tim Cook Kritik Facebook Libra

Misalnya, saat pengguna  menerima email dari Instagram dengan subjek yang meminta pengguna untuk mengubah kata sandi. Pengguna dapat membuka aplikasi, periksa untuk melihat apakah email itu terdaftar di tab keamanan, dan kemudian hapus atau baca tergantung pada apakah itu pesan asli.

Tahun lalu, Twitter mendesak semua penggunanya untuk mengubah kata sandi mereka setelah setiap kredensial login secara tidak sengaja dikonversi dari kode hash menjadi teks biasa yang mudah dibaca.

Setidaknya dengan langkah-langkah terhadap phishing seperti fitur Instagram ini, lebih banyak pengguna dapat menjaga keamanan akun mereka sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini