Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Apresiasi Sumbangan Startup Digital Indonesia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 11:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 207 2114658 menkominfo-apresiasi-sumbangan-startup-digital-indonesia-MeissmVC19.jpg Menkominfo Rudiantara (kedua dari kanan). Foto : Dok.Kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi atas kontribusi stratup digital dalam meningkatkan ekosistem digital di Indonesia. Bahkan menurutnya, negara-negara lain juga mengapresiasi pertumbuhan yang amat pesat.

Menteri Rudiantara lantas memberi contoh platform digital dengan status Unicorn seperti Bukalapak, Go-Jek, Tokopedia dan Traveloka.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mereka. Bukalapak misalnya, bersama dengan Google yang terus meningkatkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia," kata Rudiantara saat menghadiri Peluncuran Google Bisnisku dan Mitra Bukalapak di Kantor Bukalapak, Jakarta, Selasa (08/10/2019).

Menteri Kominfo memaparkan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini lebih dari 50 juta. Dari jumlah UMKM itu, setiap orang bekerja dengan usahanya sendiri. Artinya, kreativitas yang dimiliki menunjang perkembangan UMKM itu sendiri.

Lebih lanjut, Menteri Rudiantara menjelaskan, yang menarik dari UMKM adalah hadirnya e-Warung yang merupakan bagian dari ekosistem ekonomi digital. Dari 50 juta lebih UMKM, 6 juta diantaranya merupakan e-Warung.

“2,5 juta sudah bekerjasama dengan Bukalapak. Jadi, masih ada 3 juta setengah lagi yang belum bekerjasama. Ini tantangan ke depannya," jelasnya.

Menteri Kominfo juga mencontohkan perhatian besar pihak asing yang melakukan penelitian mengenai ekonomi digital di Indonesia. Salah satu Unicorn yang menjadi obyek penelitiannya adalah Go-Jek.

“Jadi yang sudah meng-interview Go-Jek itu orang asing, jadi orang asing ini sudah melakukan indeks research tentang ekonomi digital di Indonesia. Ini sebenarnya menunjukan betapa besar perhatiannya global terhadap Indonesia,” tambahnya.

 Tidak hanya Go-Jek, Menteri Rudiantara memiliki harapan besar agar semua startup milik anak bangsa juga harus mengikat perhatian asing dalam melakukan penelitian khususnya e-Warung. Sebab, hal tersebut menurutnya semakin menumbuhkan ekonomi digital Indonesia di mata asing.

“Saya berharap penelitian tentang perkembangan e-Warung di Indonesia tidak hanya dilakukakn para peneliti dari dalam negeri, tetapi juga peneliti asing agar dunia melihat perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” harapnya

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini