Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facebook Tandai Ratusan Ribu Akun Anak-Anak yang Tertarik dengan Alkohol dan Perjudian

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 12:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 207 2115633 facebook-tandai-ratusan-ribu-akun-anak-anak-yang-tertarik-dengan-alkohol-dan-perjudian-oUWSAB5PIJ.jpg Ilustrasi Facebook (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA- Investigasi yang dilakukan oleh The Guardian dan Denmark Broadcasting Corporation menemukan bahwa terdapat ratusan ribu akun anak-anak di Facebook tertarik dengan alkohol dan perjudian. Kategori anak-anak tersebut merupakan akun yang memiliki umur di bawah 18 tahun.

Dilansir dari laman Gizmodo, Jumat (11/10/2019) adapun untuk anak-anak yang tertarik dengan alkohol jumlahnya mencapai 940 ribu. Sementara itu yang tertarik dengan perjudian mencapai 740 ribu. Dikabarkan bahwa Facebook telah menandai akun-akun anak-anak tersebut dalam kategori yang tertarik dengan alkohol dan perjudian.

Hal tersebut bisa menjadi celah pengiklan untuk menargetkan mereka. Seperti diketahui, iklan yang kita lihat di media sosial saat ini memang berdasarkan apa yang kita cari dan apa yang kita suka. Sehingga iklan-iklan yang muncul biasanya sesuatu yang menarik untuk kita.

 Facebook Tandai Ratusan Akun Anak-Anak Tertarik Alkohol dan Perjudian

Baca Juga: Astronot Arab Saksikan Bumi Bulat, Bantah Teori Bumi Datar

Meskipun demikian, Facebook mengklaim bahwa pihaknya tidak mengizinkan iklan untuk mempromosikan produk alkohol dan perjudian kepada anak di bawah pada aplikasi. Facebook saat ini mencantumkan iklan yang merujuk alkohol dan perjudian sebagai konten terbatas.

"Kami juga bekerja erat dengan regulator untuk memberikan panduan bagi pemasar untuk membantu mereka menjangkau audiens mereka secara efektif dan bertanggung jawab," kata Facebook.

Sayangnya, Facebook dinilai tidak sepenuhnya proaktfi dengan iklan yang melanggar kebijakannya. Facebook juga telah melarang siapa pun yang berusia 13 tahun untuk membuat akun, sayangnya banyak yang melanggar aturan tersebut.

Kemudian, Facebook juga meluncurkan aplikasi Messenger Kids yang dirancang khusus untuk anak-anak 6 tahun lalu. Sayangnya pada bulan Juli 2019 dilaporkan bahwa aplikasi ini membiarkan anak-anak berbicara dengan orang asing yang tidak berwenang.

Baca Juga: Google Indonesia Dukung Wanita Jadi Pemimpin di Banyak Sektor

Baca Juga: Astronom Temukan 20 Bulan Baru di Sekitar Planet Saturnus

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini