Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Astronot NASA Tempuh Misi Spacewalk Hampir 7 Jam

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 17:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 12 56 2116089 dua-astronot-nasa-tempuh-misi-spacewalk-hampir-7-jam-ndSCmkvG2X.jpg (Foto: Florida Today)

JAKARTA - Dua astronot AS menempuh spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat. Ini merupakan misi kedua dari serangkaian 5 spacewalks di Oktober untuk mengganti baterai.

Dilansir Xinhuanet, astronot Christina Koch dan Andrew Morgan menyelesaikan spacewalk mereka pada pukul 2:23 siang, American Eastern Time. Misi berlangsung sekira enam jam dan 45 menit, menurut badan antariksa AS, NASA.

Kedua astronot terus mengganti baterai nikel-hidrogen dengan baterai lithium-ion yang lebih baru dan lebih kuat di ujung jauh dari rangka pelabuhan stasiun. Mereka telah menyelesaikan spacewalk selama 7 jam pada Minggu dengan tugas yang sama.

Baterai baru akan memberikan peningkatan kapasitas daya untuk operasi dengan massa yang lebih ringan dan volume yang lebih kecil dari baterai nikel-hidrogen, menurut NASA.

 Dua astronot AS menempuh spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat.

Baca juga: Astronot Arab Saksikan Bumi Bulat, Bantah Teori Bumi Datar

Astronot yang berada di ISS berencana melakukan delapan spacewalks lagi dalam tiga bulan mendatang. Ini merupakan rekor sejak perakitan stasiun ruang angkasa selesai pada 2011, menurut NASA.

Pada 16 Oktober, Morgan dan astronot NASA Jessica Meir dijadwalkan untuk menjelajah (spacewalk) lainnya untuk melanjutkan penggantian baterai.

Anggota kru stasiun ruang angkasa telah melakukan 220 spacewalks untuk mendukung perakitan dan pemeliharaan laboratorium yang mengorbit, menghabiskan total 57 hari, 13 jam dan 12 menit bekerja di luar stasiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini