Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Bima Sakti 'Memakan' Gas Misterius

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 13 56 2116345 teleskop-hubble-tangkap-galaksi-bima-sakti-memakan-gas-misterius-JCd9pqdepa.jpg Galaksi Bima Sakti Memakan Gas Misterius (Foto: Gizmodo)

JAKARTA- Galaksi Bima Sakti tampaknya telah melahap sejumlah gas misterius. Aktifitas tersebut tertangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, tim astronot bahkan menghitung bahwa massa gas yang masuk ke Galaksi Bima Sakti lebih banyak daripada yang keluar.

Dilansir dari laman Gizmodo, Minggu (13/10/2019) Galaksi Bima Sakti memakan gas dari lingkungan sekitarnya untuk membentuk bintang. Kemudian mengeluarkan gas kembali melalui supernova dan angin bintang.

Para peneliti mengumpulkan data dari 270 pandangan yang diambil oleh instrumen Spectrograph Cosmic Origins pada Teleskop Luar Angkasa Hubble. Secara khusus, mereka tertarik pada awan gas cepat yang bergerak terlalu cepat untuk mengorbit dengan Bima Sakti.

 Galaksi Bima Sakti Terlihat Memakan Gas Misterius

Baca Juga: Pemandangan Bima Sakti Usai Musim Dingin Tertangkap Kamera

Awan ini muncul sebagai fitur yang menyerap sinar ultraviolet yang lewat dari belakangnya, seperti bayangan pada panjang gelombang cahaya tertentu. Pergeseran Doppler awan yang menyerap panjang gelombang lebih panjang atau lebih pendek dari yang diharapkan memungkinkan para peneliti untuk menentukan apakah awan mengalir keluar atau masuk. Mereka menemukan 187 awan ini.

Ketika para peneliti menghitung laju massa yang mengalir ke galaksi keluarnya, mereka mendapati timbangannya berujung. Galaksi Bima Sakti menghisap lebih banyak gas daripada yang dimuntahkan, menurut makalah yang diterbitkan dalam Astrophysical Journal.

Baca Juga: Peneliti Temukan Ukuran Akurat dari Galaksi Bima Sakti

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Galaksi Bima Sakti dan Andromeda Bertabrakan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini